KEMENSOS RI BANTU LINGGA RP 2 MILIAR UNTUK PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN

Daik, LINGGA POS – Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Lingga Muslim mengungkapkan tengah tahun ini Lingga menerima bantuan total Rp 2 miliar dari pihak Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Dana sebesar itu nantinya akan dimanfaatkan untuk program pengentasan kemiskinan yang diperuntukkan bagi penanganan fakir miskin di daerah pesisir, pulau kecil dan perbatasan. “Ini pertama kalinya program sejenis yang diberikan kepada Lingga. Kita harapkan dengan bantuan ini dapat membantu masyarakat Lingga utamanya yang berada di daerah pesisir dan pulau-pulau kecil di Lingga,” ujar Muslim di Daik, Selasa (9/8).

DIMANFAATKAN UNTUK UEP, RTLH & SARLING.

Adapun pemanfaatan bantuan dari Kemensos tersebut lanjut dia, diprioritaskan untuk bantuan modal usaha ekonomi produktif (UEP) kepada 400 kepala keluarga (KK), rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) dan bantuan fasilitas sarana lingkungan (Sarling). Lebih jauh dia merincikan masing-masing penerima bantuan, yaitu  untuk UEP mendapat bantuan modal sebesar Rp 2,5 juta, penerima untuk rehab RTLH pihaknya akan menyerahkan dana sebesar Rp 20 juta kepada masing-masing penerima dan untuk sarling antara lain berupa pembangunan atau pengadaan dan perbaikan kondisi sarana lingkungan yang ada seperti MCK, pengadaan tempat sampah dan lain-lain, masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 50 juta.

DAERAH PENERIMA BANTUAN.

Untuk UEP akan diberikan kepada masyarakat di desa-desa di Kecamatan Lingga Utara yakni Resun, Resunpesisir, Sungaibesar, Duara, Rantaupanjang, Teluk dan Belungkur. Untuk bantuan rehab RTLH saat ini masih dalam tahapan verifikasi langsung dari pihak Kemensos sehingga belum diketahui daerah mana saja yang akan menerima. Sementara untuk Sarling diberikan bantuan kepada empat desa, yaitu Resun, Resunpesisir, Duara dan Sungaibesar. (syk,af/ant)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: