ITB MASIH PERINGKAT PERTAMA PT TERBAIK DI TANAH AIR 2016

Jakarta, LINGGA POS – Perguruan Tinggi (PT) Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat masih berada di peringkat pertama sebagai PT terbaik di Indonesia dengan skor 3,78 atau naik 0,04 poin dibanding tahun 2015. Menurut Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mochammad Nasir, dibanding tahun lalu peringkat PT di Tanah Air tidak jauh berbeda, kecuali nilainya semakin meningkat. “Untuk Sumatera sudah ada perwakilannya, yaitu Universitas Andalas (Padang, red) yang meraih peringkat 11 dengan skor 2,88,” kata Nasir dalam konprensi pers di Jakarta, Rabu (17/8). Selain itu, lanjut dia, Universitas Indonesia (UI) Jakarta juga naik ke peringkat 3 dari posisi di peringkat 4 tahun lalu.

DIBAGI DALAM 5 KELOMPOK PEMERINGKATAN.

Sementara Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Patdono Suwignyo mengatakan indikator pemeringkatan PT tersebut meliputi kualitas dosen, kecukupan dosen, kualitas manajemen, kualitas kegiatan kemahasiswaan dan kualitas kegiatan penelitian.
“Jumlah perguruan tinggi yang masuk pada kelompok satu tahun ini ada 12 perguruan tinggi atau tambah 1 perguruan tinggi dibanding tahun lalu,” kata Patdono. Sedangka di kelompok 2 lanjutnya ada 82 PT, kelompok 3 meliputi 646 PT, kelompok 4 ada 2.257 PT dan kelompok 5 ada 247 PT. PT yang masuk pemeringkatan adalah hanya PT yang berada di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Ia berharap, pemeringkatan ini dapat mendorong dan memotivasi seluruh PT di Tanah Air agar senantiasa meningkatkan kinerjanya. Berikut daftar peringkat 1 hingga 12 PT terbaik 2016 di Indonesia :
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Universitas Gajah Mada (UGM)
3. Universitas Indonesia (UI)
4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
5. Universitas Brawijaya (UNIBRAW)
6. Institut Teknologi Sepuluh November
7. Universitas Airlangga
8. Universitas Hasanuddin
9. Universitas Diponegoro
10. Universitas Padjajaran (UNPAD)
11. Universitas Andalas
12. Universitas Sebelas Maret.
(ph/tc)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: