KETUA BPK : KABUPATEN LINGGA & NATUNA MASIH PREDIKAT WDP

Sumber gambar: batampos.com

Tanjungpinang, LINGGA POS – Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Harry Azhar Aziz mengatakan dari 7 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dua daerah yakni Kabupaten Lingga dan Kabupaten Natuna yang masih mendapatkan predikat atau opini Wajar Dengan Pengecualin (WDP). Lima daerah lainnya, Kabupaten Bintan, Karimun, Anambas, Kota Tanjungpinang dan Kota Batam mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal itu disampaikan Harry saat gelar jamuan makan siang bersama Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri di Gedung Daerah, tepi laut, Tanjungpinang, Senin (3/10). Kedatangan Harry yang adalah selaku Ketua BPK RI dalam rangka kunjungan kerja sekaligus ‘pulang kampung’ ke daerah kelahirannya Kota Tanjungpinang.
Karena itu, dia berharap ke depan daerah di Kepri dapat seluruhnya memperoleh opini WTP yaitu sebagai salah satu daerah yang terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah. “Saya yakin, nantinya kedua daerah yang belum berpredikat WTP, Lingga dan Natuna dapat memperolehnya di tahun depan sehingga seluruh daerah di Kepri dapat predikat WTP tersebut,” kata Harry, yang sebelumnya pernah duduk di DPR RI asal Kepri.

ADA 4 JENIS OPINI.

Seperti diketahui Opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksaan mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan didasarkan pada empat kriteria, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecakupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Setidak-tidaknya ada 4 jenis opini yang diberikan, yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Wajar dan Tidak Menyatakan Pendapat. (ph,af)

Kategori: LINGGA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini: