MENPAN – RB : TAK PERLU LAGI STUDI BANDING   

Jakarta, LINGGA POS – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terus berupaya mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik baik itu di kementerian, lembaga, pemerintah daerah (pemda) maupun BUMN dan BUMD. Salah satunya, dengan kembali menggelar kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2017. Kompetisi yang sudah keempat kalinya digelar itu dinilai berhasil membuat instansi pemerintah penyelenggara pelayanan publik untuk berlomba-lomba melakukan perbaikan pelayanan kepada masyarakat.    
Tidak hanya itu, untuk mengakselerasi perbaikan pelayanan, Kemenpan-RB juga mendorong dan memfasilitasi replikasi inovasi yang dinilai baik. Menteri PAN-RB Asman Abnur misalnya dalan berbagai kesempatan menegaskan agar inovasi yang baik itu ditularkan agar instansi yang belum menerapkan pelayanan dengan baik dapat meniru inovasi yang sudai ada. “Jadi tidak perlu studi banding. Cukup meniru inovasi yang sudah ada,” tegas Asman. 

Sementara Deputi Pelayanan Publik, Kemenpan-RB Diah Natalisa mengungkapkan yang digelar tahun 2017 bertujuan untuk menyaring, menerapkan dan menggunakan inovasi-inovasi yang terpilih sebagai bahan transfer teknologi dan replikasi inovasi pelayanan publik.   

TENTANG KOMPETISI. Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2017 dikelompokkan dalam 4 kategori, yakni kategori tata kelola pemerintahan; kategori penggunaan teknologi informasi dan komunikasi; kategori  perbaikan kesejahteraan sosial; dan kategori pelayanan langsung kepada masyarakat. Inovasi yang didaftarkan harus memenuhi beberapa persyaratan antara lain inovasi harus memberikan perbaikan, bermanfaat bagi masyarakat, dapat atau sudah direplikasi, berkelanjutan, dan menarik. Dan yang paling penting, inovasi itu minimal harus sudah dilaksanakan dalam satu tahun berjalan.            

PENDAFTARAN.  Pendaftaran dimulai dari tanggal 1 November 2016 – 17 Februari 2017. Peserta harus menyampaikan proposal inovasi pelayanan publik secara online melalui : sinovik.menpan.go.id.  Pengumuman dan penyerahan hadiah penghargaan kepada TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017, pada Juli 2017. (ph/kc)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: