KADISHUB LINGGA : RUTE RORO LINGGA – JAMBI MULAI FEBRUARI DEPAN


Daik, LINGGA POS – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga Yusrizal mengatakan rute kapal roro (roll on roll) dari Pelabuhan Jagoh (Kabupaten Lingga, Kepri) – Kuala Tungkal, Jambi direncanakan akan mulai diaktifkan pada bulan Februari 2017. “Kami (Dishub Lingga) telah mendapatkan informasi dari ASDP Batam, kalau Februari depan rute Jagoh – Kuala Tungkal mulai diaktifkan. Kebijakan ini datang dari pusat,” kata Yusrizal kepada wartawan, Sabtu (21/1-2017).
Dengan dibukanya rute ini, menurut dia tentu akan memberi dampak positif utamanya bagi pertumbuhan ekonomi daerah terkait dan juga bagi masyarakat tempatan. “Nantinya rute ini hanya sampai ke Jagoh, sedangkan untuk ke Batam dan Tanjungpinang harus melewati rute roro reguler yang sudah tersedia sejak beberapa tahun lalu,” tambah Yusrizal. Adapun jarak tempuh dari Jagoh – Kuala Tungkal, jelasnya, sekitar 60 mil dengan waktu tempuh sekitar 9 jam.
Hanya saja ia belum bisa memastikan kapal roro mana nanti yang akan berlayar di rute antar provinsi ini dan juga berapa trip dalam seminggu serta tarif yang harus dikeluarkan baik untuk penumpang maupun kendaraan roda dua dan empat. Saat ini kapal roro KMP Sembilang melayari rute Jagoh – Batam (dua kali seminggu) dan Jagoh – Tanjungpinang (sekali seminggu) serta terbaru kapal roro KMP Parai rute Jagoh – Daik, Lingga yang juga sudah mulah aktif tengah bulan Januari ini.
Seperti diketahui rute laut Lingga – Jambi sudah lama berlangsung sejak beberapa tahun terakhir melalui Pelabuhan Dabo, Kecamatan Singkep – Kuala Tungkal, Jambi dengan menggunakan kapal kargo dan speed boat yang cukup ramai mengingat kebutuhan sayur mayur warga Lingga khususnya Dabo Singkep sepenuhnya didatangkan dari Jambi selain beberapa diantaranya dari Tanjungpinang dan Batam langsung ke pelabuhan Dabo Singkep. (syk,arn)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: jadwal roro lingga kuala tungkal jambi