TERNYATA TAHUN INI (2017) HARUS MELEWATI 11.59.60


(LINGGA POS) – Hal itu terjadi karena sebelumnya ada tambahan 1 detik diperpanjangan tahun 2016! Penambahan waktu 1 detik (detik kabisat) dan hal ini berdampak pada tahun baru (2017) yang sudah berlangsung empat minggu terakhir yang harus melewati 11.59.60. Dilansir dari Science Alert, detik kabisat ini ditambahkan untuk menebus bahwa rotasi bumi secara bertahap melambat dan memastikan jam tetap sinkron dengan lamanya sehari di bumi. “Tambahan (1) detik ini memungkinkan untuk menyelaraskan waktu yang tidak teratur dan ditentukan oleh rotasi bumi dengan coordinated universal time (CUT) yjng sangat stabil dan telah ditentukan oleh jam atom sejak 1967,” jelas pihak Observatoriyum Paris yang menjadi tuan rumah. International Earth Rotation and Reverance System Service (IERS) yang bertanggung jawab untuk sinkronisasi waktu.

TERJADI PADA JUNI 2015.

Detik kabisat juga terjadi pada Juni 2015. Penambahan detik ini umumnya memang dilakukan baik di tengah tahun atau pada akhir tahun sebab teknologi yang dimiliki saat ini belum memungkinkan untuk bisa menambahkan slot detik tambahan diwaktu lain disebabkan karena bumi berputar dan secara bertahap bumi mengalami perlambatan gerakan sebagai dampak dari daya tarik pasang surut bulan terhadap bumi.
Selain itu, pengaruh geologis seperti gempa bumi yang kuat dan terjadinya pencairan es juga mempengaruhi pergerakan bumi sehingga menjadi lebih melambat. (rol)

Kategori: IPTEK Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini: