KINI KANTOR GUBERNUR KEPRI DIBERI NAMA SMRS

kantor-gubernur-kepri

Tanjungpinang, LINGGA POS – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Nomor 988 Tahun 2014 tentang Nama Gedung, Nama Jalan dan Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP), maka pusat pemerintahan atau Kantor Gubernur Kepri di Pulau Dompak, Tanjungpinang dinamai dengan Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS). Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri Abdul Razak mengatakan pemberian nama tersebut adalah sebagai filosofi guna mendukung pejuang asal Kerajaan Riau-Lingga itu untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional asal Kepri. “Ini sudah menjadi kesepakatan, pemberian nama pada gedung pusat pemerintahan Pemerintah Provinsi Kepri sekaligus kantor Gubernur Kepri dengan nama Sultan Mahmud Riayat Syah,” kata Abdul Razak di Tanjungpinang, Senin (23/10) dirilis dari Tanjungpinang Pos. Dengan diberinya nama SMRS tersebut menjadi penanda, bahwa sejatinya SMRS terbukti memang memiliki kontribusi yang besar dalam melawan bangsa penjajah ketika menjadi sultan di Kerajaan Riau-Lingga.

Hal itu, kata dia, diperkuat lagi dengan telah dilakukannya secara langsung oleh Tim Pengkaji dan Penelitian Gelar Daerah (TP2GD) untuk melengkapi berkas usulan dari pemerintah daerah menyusul tidak dikabulkannya usulan pengajuan terhadap SMRS III tahun lalu.

SUDAH MILIKI 2 PAHLAWAN NASIONAL.

Seperti diketahui Provinsi Kepri hingga saat ini sudah memiliki dua orang yang dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional yakni Raja Haji dan Raja Ali Haji. Nama pertama dikenal sebagai pejuang bersenjata yang mendapat gelar Fisabillah atau Marhum Teluk Ketapang sementara nama kedua dicatat dalam sejarah sebagai pejuang dengan pena, ia seorang budayawan dan penulis Gurindam Dua Belas serta peletak dasar Bahasa Melayu sebagai cikal bakal Bahasa Indonesia.

Kabar baiknya, Kepala Dinas Sosial Pemprov Kepri Doli Boniara mengatakan berkas usulan dari pemda telah berada di meja Presiden RI Joko Widodo selaku Dewan Gelar Nasional. “Saya optimis Kepri akan menambah satu lagi Pahlawan Nasional. Mari kita bersama berdoa akan usulan kita dikabulkan dan agar pada Hari Pahlawan Nasional 10 November 2017 SMRS dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional,” tutup Doli. (Baca juga 9 Tokoh dari 8 Provinsi yang Diusulkan Kemensos RI sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2017, LINGGA POS edisi 20/10-2017). (ph,arn/tp)

Kategori: KEPRI Tags: , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: