MENPAN-RB : PEMERINTAH BUKA LOWONGAN CASN 2018 KHUSUS PEMDA

pegawai

Makassar, LINGGA POS – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur menyatakan pemerintah akan membuka lowongan alias penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun depan, khusus untuk pemerintah daerah (pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Tahapan penerimaan CASN 2018 di daerah itu dimulai dari pengusulan formasi CASN dari provinsi, kabupaten dan kota terkait. Tahapan ini sejatinya sudah berjakan sejak tahun ini. “Formasinya berdasarkan usulan dari pemprov/pemkab/pemkot,” ujar politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) asal Kepri ini saat kunjungan kerjanya di kantor Gubernur Sulawesi Selatan di Makassar, Jumat (9/11) dirilis dari Tribunnewsbatam.

USAI TAHAPAN CASN GELOMBANG II.

Tahapan seleksi CASN 2018 itu lanjut Asman akan dimulai usai tahapan penerimaan cASN gelombang II tahun 2017 yang diperkirakan akan berakhir hingga November ini. Namun, dia belum bisa memastikan apakah proses CASN 2018 khusus pemda ini digelar serentak atau secara terpisah. Pada penerimaan CASN 2017 digelar dalam dua gelombang dengan peserta sebanyak 1,2 juta orang yang disediakan bagi formasi Kementerian dan Lembaga (K/L) dan institusi vertikal saja — kecuali untuk provinsi termuda di Indonesia, Kalimantan Utara — hingga saat ini masih berlangsung proses seleksinya.

Asman berharap perekrutan CASN 2018 di daerah ini dapat dilakukan secepatnya. Namun, pihaknya meminta agar pemda dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat benar-benar mengkaji kebutuhan pegawai di daerahnya dengan baik sebelum mengusulkan formasi yang dibutuhkan. Sedangkan terkait jumlah CASN yang akan diterima, pihaknya sedang mengitung jumlah penerimaan yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara. “Salah satu syaratnya ialah belanja pegawai pemda-nya tidak boleh lebih dari 50 persen,” tutup pria yang sebelum menjabat sebagai Menteri PAN-RB, selama dua periode duduk sebagai wakil rakyat di DPR RI ini. (ph/tb)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: