KEBAKARAN SEKITAR 5 JAM DI PASAR KAMPUNG CINA SENILAI RP53,5 MILIAR

daik2
Daik, LINGGA POS – Kebakaran besar yang terjadi di pusat perbelanjaan Kota Daik, Kecamatan Lingga atau biasa disebut Pasar Kampung Cina pada Selasa (28/11) dinihari dan baru dapat dipadamkan sekitar pukul 06.15 WIB atau berlangsung sekitar 5 jam mengakibatkan kerugian materil sekitar Rp53,5 miliar. Kalkulasi sementara kerugian dari musibah kebakaran itu disampaikan oleh Tim Poles Lingga melalui Kapolsek Daik, Lingga Iptu Sugianto. Jumlah sebesar itu, kata dia berdasarkan perhitungan sebanyal 59 ruko/bangunan (45 yang berpenghuni) dari 33 Kepala Keluarga (KK), 4 gudang, 5 bangunan LPM Lingga, 1 unit Pos Siskamling, 2 (penginapan dan hotel termasuk kantor milik pemerintah yakni Gedung Lela Sangguna dan Sekretariat KNPI Lingga. “Ini data sementara dari hasil di tempat kejadian perkara (TKP),” ujara Anto, sapaan akrabnya kepada pewarta di Mapolsek, Daik Lingga, Selasa (28/11) sore.
Dijelaskannya sejauh ini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran apakah karena kemungkinan akibat adanya korsleting arus listrik dari salah satu ruko atau rumah warga atau akibat lain. Pihaknya dan petugas terkait saat ini terus melakukan penyidikan. “Memang ada informasi bahwa ada warga yang melihat, api sudah membesar di salah satu bangunan akuarium,” tambah Anto.

USAI PMTMA DIGELAR.

Ironisnya musibah kebakaran yang meluluhlantakkan lokasi Pasar Kampung Cina di Daik Lingga ini terjadi hanya dua hari usai kegiatan Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa (PMTMA) I digelar di ibukota Kabupaten Lingga, Daik (17/11-26/11-2017). Ajang berskala internasional itu juga mengundang peserta dari negara Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei dan Filipina yang ikut menampilkan seni budaya masing-masing. Tak kurang, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berkenan membuka resmi PMTMA I bersama Ibu Mufidah Kalla pada Ahad (19/11). (syk,af)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: