2017, KEJAGUNG SELAMATKAN RP977 MILIAR UANG NEGARA

Jaksa Muda Tindak Pidana Khusus
Jakarta, LINGGA POS – Jaksa Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) RI Adi Toegarisman mengatakan sepanjang 2017 pihaknya telah berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp977 miliar. Jumlah sebesar itu merupakan akumulasi dalam Januari hingga November 2017 sementara untuk Desember ini masih dalam rekapitulasi dan diharapkan dapat segera diketahui sebelum tutup tahun. “Yang kita selamatkan uang negara sebesar Rp977 miliar, lainnya sedang dalam proses,” kata Togi di Gedung Kejagung RI Jakarta Selatan, Jumat kemarin.

STOR KE KAS NEGARA RP203 MILIAR.

Selain itu, lanjut Togi, uang negara yang berhasil diselamatkan dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp293 miliar. “Kami juga berhasil menyelamatkan eksekusi uang pengganti yang telah distor ke Kas Negara dengan jumlah sebesar Rp203 miliar,” ungkapnya.

Aku dia, pihaknya sebagai lembaga penegakan hukum yang saat ini dinilai paling produktif dalam menangani perkara korupsi berdasarkan jumlah kasus dan jumlah tersangka. Lebih dari itu pihaknya selaku peran sentral dalan melakukan pengamanan tindak pidana korupsi (tipikor) selalu melakukan upaya sejak dini dengan penindakan didahului dengan tahapan-tahapan seperti penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan eksekusi. “Selain upaya penindakan, kami juga melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan. Itu adalah pokok-pokok penanganan kegiatan pemberantasan korupsi yang kami lakukan,” tambahnya.

MELALUI TP4P.

Togi menjelaskan, dalam memberantas tindak pidana korupsi guna menyelamatkan uang negara dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, Kejagung dan jajarannya tidak hanya berorientasi atau menggunakan metode penindakan semata namun dikembangkan juga dengan metode pencegahan utamanya melalui TP4P bersama pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait. (ph/rc)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.