2011 LINGGA REHAB 900 RUMAH TAK LAYAK HUNI

Daik,LP(25/3) – Tiga kecamatan di Kabupaten Lingga mendapat prioritas pertama untuk rehabilitasi rumah tak layak huni melalui kucuran dana yang diambil dari APBD Provinsi Kepri sebesar Rp 9 miliar dan dari dana APBD Kabupate Lingga sebesar Rp 4,5 miliar atau seluruhnya Rp 13,5 miliar. Ketiga kecamatan ialah Kecamatan Lingga, Lingga Utara dan Senayang. Adapun persyaratan atau kriteria rumah yang akan mendapat bantuau rehab sebagai rumah yang sudah tidak layak huni, antara lain pemilik rumah mempunyai KTP atau identitas yang jelas, Kepala Keluarga (KK) yang memiliki pekerjaan atau yang tidak mempunyai pekerjaan tapi tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok yang layak, kehidupan sehari-hari membutuhkan pangan, tak mempunyai aset lain untuk di jual, rumah di atas lahan sendiri. Bagi mereka yang menyewa tanah harus mendapat izin pemilik dengan syarat pemilik tidak menaikkan sewa dan warga miskin yang rumahnya di tepi pantai wajib membuat surat pernyataan tanah yang ditempatinya tidak akan bermasalah dikemudian hari.
Sekretaris Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigran (Dinsosnakertrans) Lingga, Ayuzar mengatakan dana sebesar Rp 13,5 miliar tersebut adalah dana pos anggaran bantuan rehabilitasi rumah tak layak huni. “Lingga mendapat bantuan rehab rumah tak layak huni sebesar Rp 13,5 miliar untuk merehab sebanyak 900 rumah atau setiap satu rumah mendapat bantuan sebesar Rp 15 juta, termasuk untuk ongkos tukang. Pekerjaan dikakukan dengan swakelola,” terang Ayuzar.
Ditambahkan Kabid Kesejahteraan Sosial Dinsosnakertrans Lingga, Zuriati, pihaknya akan segera melakukan survey lapangan langsung untuk menentukan rumah warga yang berhak mendapat bantuan rehab sesuai persyaratan yang telah ditentukan. Ini semua dilakukan agar warga yang memang membutuhkan bantuan benar-benar dapat diakomodir. Seperti diketahui, program rehab rumah tak layak huni ini adalah program lima tahun yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Kepri bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri. (ph)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: contoh proposal rumah tidak layak huni