DARIA: MUSRENBANG MEDIA KONSULTASI PUBLIK

Dabo, LP(27/3) – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lingga yang berlangsung di Gedung Nasional dan Gedung PSMTI Dabo Singkep sejak Jumat (25/3) berakhir pada Sabtu (26/3) kemarin. Musrenbang yang diikuti peserta sebanyak 269 orang, termasuk sejumlah anggota DPRD Kepri dari Dapil Bintan-Lingga, kepala dinas, anggota DPRD Lingga, kepala badan, kepala bidang, camat, lurah, kades dan kepala BPD se-kabupaten Lingga dengan nara sumber dari Litbang Bappeda Provinsi Kepri, Soeripto.

Dalam kata sambutannya saat membuka Musrenbang, Bupati Lingga Daria, mengatakan Musrenbang merupakan suatu hal yang amat penting sebagai media konsultasi publik dalam menentukan arah pembangunan daerah (Lingga,red).

Dari hasil ini nanti menentukan pijakan pembangunan Lingga tahun 2012. Diharapkan para SKPD dan peserta lainnya tidak menganggap kegiatan ini hanya sebatas acara seremonial belaka. “Musrenbang ini sangat penting, sebagai bagian dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” ucap Daria. Sementara Ketua DPRD Lingga, Kamarudin Ali mengatl

Sementara Ketua DPRD Lingga, Kamarudin Ali mengatakan perencanaan pembangunan Lingga ke depan sangat ditentukan dari data yang akurat. “Karena dengan pendataan yang lengkap dan akurat, baik data soal pendidikan, jalan, jembatan/dermaga dan sebagainya perencanaan akan terarah. Karena itu perlu ada penetapan yang signifikan, kawasan mana yang perlu prioritas, misalnya dalam menentukan kawasan miskin. Sehingga arah pembangunan bisa terfokus,”terangnya. Ditambahkan Kamarudin, sebagai contoh kondisi sejumlah desa di Senayang yang masih sangat membutuhkan pembangunan dermaga rakyat, hendaknya pembahasan dan perencanaan pembangunan ini dapat diperjuangkan dalam Musrenbang.

Senada dikatakan Soeripto, bahwa prinsipnya kucuran dana yang dialokasikan dari APBD Kepri ke Kabupaten/Kota, khususnya Lingga, tentu berdasarkan dari kajian dan hasil aspirasi yang dihimpun masyarakat melalui anggota DPRD Kepri dari Dapil Bintan-Lingga, serta usulan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga sendiri dan itu tentu dengan data yang lengkap dan akurat. (ph)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: