KADES P.PEKAJANG : BANTU KAMI TRANSPORTASI DAN KOMUNIKASI

Pulau Berhala - Kecamatan Singkep

Pulau Berhala - Kecamatan Singkep

Dabo,LP(24/5) – Bupati Lingga Daria bersama sejumlah pimpinan SKPD Lingga dan instansi vertikal serta tokoh masyarakat Lingga mendampingi Gubernur Kepri HM Sani dan rombongan SKPD Pemprov Kepri dalam rangka kunjungan kerja ke pulau Pekajang, Senin (23/5) dengan menggunakan kapal Batavia VOC di mana rombongan berangkat bersama dari pelabuhan laut Dabo Singkep. Dikatakan Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Lingga, Muslim, rombongan Gubernur selain untuk bersilaturahmi dengan penduduk tempatan juga akan memberikan bantuan yang diperlukan masyarakat pulau yang dewasa ini menjadi polemik dengan Provinsi Bangka Belitung (Babel).
Seperti juga pulau Berhala yang hingga saat ini menjadi sengketa dengan Provinsi Jambi-yang dalam versi Jambi masuk dalam wilayah Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi- kini ditetapkan sebagai wilayah ‘status quo’ oleh pemerintah. Kedua pulau ini, termasuk juga Kabupaten Natuna yang secara geografis lebih dekat dengan pulau Kalimantan, merupakan pekerjaan rumah dari kepemimpinan Sani sebagai orang nomor satu untuk menyatukan wilayah Kepri dari rebutan provinsi tetangga itu. Secara praktik, administratif dan historis pulau Pekajang jelas masuk dalam wilayah Kepri. Hal ini misalnya terbukti baik pada pemilu legeslatif maupun Pilpres, kegiatan tersebut berlangsung di Kepri, demikian dikatakan Wakil Ketua DPRD Kepri, Iskandarsyah, beberapa waktu lalu.
Kepala Desa (Kades) Pekajang, Abdul Sadar dalam bincang-bincang dengan Sani menuturkan adanya kendala terutama dalam hal transportasi warga pulau ini untuk berkunjung ke kota kecamatan Singkep. “Ke Dabo dengan pompong makan waktu 8-9 jam, tergantung keadaan gelombangnya, tapi kalau ke pulau Bangka (Provinsi Babel) dapat kita tempuh sekitar lima jam saja,” terang Abdul. Abdul juga meminta perhatian pejabat terkait agar dapat segera di bangun tower telepon di Pekajang sehingga memudahkam untuk berkomunikasi. “Kami juga sangat mengharapkan kepada Bapak dapat membantu warga kami yang sebagian besar sebagai nelayan seperti alat tangkap ikan, jaring, bubu dan juga pompong untuk melaut,” harap Abdul. (sir)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.