LEBARAN BELUM USAI

Dabo,LP(5/9) – Meski telah berlangsung sejak Rabu (31/8) suasana kemeriahan dalam merayakan Idul Fitri 1432 H masih terasa khususnya di Kabupaten Lingga. Para PNS telah pula masuk kerja hari ini (Senin,5/9) dan masing-masing kantor tampak dalam suasana halal bil halal, bersilaturahmi sesama rekan kerja saling bermaaf-maafan. Memang, pada lebaran tahun ini masyarakat juga saling bertanya-tanya kapan sebenarnya jatuh 1 Syawal 1432 H sampai pemerintah melalui Menteri Agama, Suryadharma Ali mengumumkan 1 Syawal jatuh pada hari Rabu (31/8).Padahal sebagian besar masyarakat beranggapan lebaran jatuh pada Selasa (30/8) dan tak urung telah bersiap menyambut hari yang di tunggu setelah sebulan berpuasa dengan merebus ketupat makanan khas lebaran.
Dari pantauan LINGGAPOS para pemudik telah mulai berdatangan kembali ke Lingga, seminggu sebelum lebaran baik dari pulau Jawa, Sumatra dan berbagah daerah lainnya. Pada 1 Syawal 1432 H masjid Alzulfa, Dabo Singkep dipenuhi umat untuk menunaikan ibadah shalat Idul Fitri setelah sebelumnya pada malam harinya diadakan pawai takbiran keliling kota Dabo yang berjalan dengan tertib diikuti kendaraan roda empat dan dua. Tak kurang limapuluhan kendaraan mobil baik jenis sedan, pick up dan truck dihias dengan indah dengan berbagai ragam bentuk dan diikuti kendaraan bermotor roda dua sekitar 1700san peserta. Beberapa sekolah, seperti SMA I Singkep mengadakan reuni, khususnya angkatan 1988 sekolah ini yang diikuti sekitar 219 orang almamaternya yang telah tersebar di berbagai provinsi di Indonesia dengan berbagai profesi.
Memang, lebaran belum usai. Masih banyak waktu untuk saling bermaaf-maafan dengan rekan, sanak saudara dan orang tua. Minal Aidin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin. (ph)

Kategori: LINGGA
Topik populer pada artikel ini: