STOP PENERIMAAN CPNS DIUSUL SAMPAI 2014

Daik,LP(17/9) – Lima perwakilan kelompok PKK dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga mengikuti kegiatan Lomba Cipta Menu, yang ditaja oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Lingga, yang berlangsung pada 16 hingga 17 September 2011. Dikatakan Ketua Pelaksana kegiatan, Drh Ridwan Agus kegiatan ini adalah dalam rangka untuk mensukseskan progran ketahanan pangan tingkat nasional yang digalakkan Kementerian Pertaniau RI dengan maksud untuk mencari dan atau mengenalkan bahan makanan pokok selain beras.Dabo,LP(17/9) – Moratorium atau penghentian sementara perekrutan PNS baru, berlaku mulai 1 September 2011 hingga 31 Desember 2012 nanti. Namun Wakil Ketua DPR Anis Matta justru meminta moratorium itu perlu diperpanjang hingga tahun 2014. Anis juga meminta program itu perlu dilengkapi dengan upaya mempensiunkan dini para PNS yang dinilai sudah tidak produktif. Ia menilai, PNR yang ada saat ini jumlahnya terlalu gemtk sehingga perlu disusutkan jumlahnya. Disaat yang bersamaan pemerintah juga harus meningkatkan kinerja para PNS yang jumlahnya hingga mencapai 4,7 juta orang.
Seperti diketahui, Lingga termasuk daerah penghasil Sagu dan yang sebenarnya sudah menjadi makanan pokok kedua setelah beras. Dari sagu kita kenal dapat diciptakan berbagai macam makanan dan cemilan seperti gubal, lempeng sagu, kepurun, laksa, keripik dan kuih-muih dari bahan ini. Juga dari tanaman Ubi atau rumbia yang gampang di dapat di banyak kawasan di Lingga dan sudah pula menjadi makanan dan atau penganan ciri khas masyarakat Melayu Lingga dengan cita rasa yang cukup dikenal di seluruh tanah air.
Menurut Ridwan, memang pada dasarnya kegiatan yang dilakukan pihaknya, utamanya adalah untuk mencari dan juga sekaligus mensosialisasikan program yang dikenal dengan 3B, yaitu Beragam, Bergizi dan Berimbang. Sehingga dengan demikian masyarakat pada umumnya dapat mengetahui dan menciptakan menu-menu dengan 3B tersebut sebagai alternatif pengganti makanan pokok selain beras. Dengan sedikit berpromosi, ditambahkannya, bagi para pemenang lomba cipta menu tingkat Kabupaten ini nantinya akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi dan bahkan jika menang akan mewakili Provinsi Kepri ke jenjang tingkat nasional. (syk)

Kategori: LINGGA
Topik populer pada artikel ini: