Sumsel Siap Gelar Pelatnas SEA Games 2011

Palembang (ANTARA News) – Provinsi Sumatera Selatan menyatakan siap menggelar pemusatan latihan nasional seluruh cabang olahraga, terutama yang dipertandingkan di provinsi itu pada SEA Games XXVI tahun 2011, kata Wakil Ketua Umum II KONI Sumsel, Dhenie Zainal.

Palembang (ANTARA News) – Provinsi Sumatera Selatan menyatakan siap menggelar pemusatan latihan nasional seluruh cabang olahraga, terutama yang dipertandingkan di provinsi itu pada SEA Games XXVI tahun 2011, kata Wakil Ketua Umum II KONI Sumsel, Dhenie Zainal.

“Sumsel berkeinginan memanfaatkan kesempatan sebagai tuan rumah SEA Games untuk menempa atlet-atlet daerah, karena dapat berlatih tanding dengan atlet-atlet nasional,” kata Dhenie di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dengan begitu maka kemampuan atlet-atlet Sumsel dapat terangkat dan mental bertanding menjadi terasah, karena berhadapan dengan lawan tanding berkemampuan lebih baik.

“Sumsel tak hanya ingin menjadi tuan rumah yang sukses, tapi juga berharap memetik keuntungan atas digelarnya ajang ini, dan salah satunya mendongkrak kemampuan atlet daerah sendiri,” ujar dia.

Dia mencontohkan pada SEA Games sebelumnya, Sumsel dipercaya menggelar pelatnas sepak bola dan menembak.

Beberapa atlet sepak bola Sumsel dapat mencicipi berlatih dengan pelatih asal Uruguay bersama Timnas U-23 yang menjadi tim SEA Games Laos 2009.

Begitu pula dengan atlet-atlet menembak Sumsel yang bisa turut merasakan tempaan dari pelatih-pelatih nasional.

“Berkat menjadi tuan rumah pelatnas, kita bisa mengirimkan lima atlet menembak ke SEA Games Laos, padahal sebelumnya yang terdaftar masuk pelatnas hanya dua orang,” kata dia.

Menurut dia, hal ini yang akan diupayakan lagi oleh Provinsi Sumsel agar jumlah atlet daerah itu yang masuk dalam Tim SEA Games bertambah banyak dibandingkan SEA Games sebelumnya.

“Kami membuka kesempatan kepada seluruh cabang olahraga yang terdaftar dipertandingan SEA Games untuk mengajukan diri, jika ingin pelatnasnya di Sumsel. Kami siap melakukan “sharing” dana,” ujar dia.

Pada SEA Games nanti, Sumsel sebagai salah satu provinsi penyelengara pertandingan dipercaya menggelar 21 cabang olahraga, selain DKI Jakarta.

Ke-21 cabang olahraga itu, sepak bola, gulat, senam (artistik, ritmik, dan aerobik), angkat besi, atletik, fin swimming, ski air, aquatik (renang, polo air, loncat indah, dan renang indah), panjat tebing, menembak, pentaque, biliar, sepak takraw, tinju, sepatu roda, bridge, bola voli dan bola voli pantai, sofbol, bisbol, catur dan tenis lapangan.(*)
(ANT-039/M033/R009)

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/1293811798/sumsel-siap-gelar-pelatnas-sea-games-2011

Kategori: OLAHRAGA Tags: ,
Topik populer pada artikel ini: