SEPEDA (VELOCIPEDE) PERTAMA MUNCUL DI PERANCIS

Foto : Sepeda/velocipede tempo dulu,terbuat dari kayu beroda besar dan kecil.

Foto : Sepeda/velocipede tempo dulu,terbuat dari kayu beroda besar dan kecil.

LP, (Ahad,18/12)– SEPEDA, pertama kali menurut Ensiklopedia Columbia, berasal dari negara Perancis. Menurut sejarah, negara itu sudah sejak awal abad ke 18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai VELOCIPEDE. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan roda dua. Yang pasti, konstruksi belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat primitif. Ada yang mengatakan tanpa engkol, pedal tongkat kemudi (setang). Ada juga yang mengatakan sudah mengenal engkol dan sedang, tapi konstruksinya dari kayu.

Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn, yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna sepeda atau velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.

Sedangkan Ensiklopedia Britannica.com mencatat, upaya penyempurnaan penemu Perancis, Ernest Michaux pada tahun 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Kendaraan dua roda ini makin sempurna setelah orang Perancis lainnya, Pierre Lallement pada tahun 1865 memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya yang sekarang dikenal sebagai velg (pelek). Kemajuan paling signifikan terjadi saat teknologi pembuatan baja berlubang ditemukan, menyusul kian bagusnya teknik penyambungan besi, serta penemuan karet sebagai bahan baku.

Sepeda Seharga Rp1 miliar. Saat ini berbagai desain dan bentuk serta type sepeda yang dewasa ini sudah menjadi salah satu cabang olahraga, banyak di jual di pasaran. Tinggal Anda memilih mana yang cocok dan sesuai selera dan tentunya dana masing-masing, seperti sepeda jenis MTB atau mountain bike (sepeda gunung), sepeda city bike jenis hibrid dan sebagainya. Salah satunya saat ini tercatat sepeda termahal di dunia, yakni Aurumania Gold Bike Crystal Edition, dibandrol seharga 102.418 dolar atau sekitar Rp1 miliar!

Harga itu merupakan harga sepeda Fixie termahal di dunia. Sesuai predikat sepeda fixie termahal, Aurumania yang dibuat dengan tangan, berlapis emas 24 karat dan dihiasi sekitar 600 swarovski crystals. Pada bagian handle grips dan sadle dilapisi kulit premium dijahit tangan. Dibuat dalam edisi terbatas, 50 unit. Harga sepeda Fixie Aurumania ini, sudah termasuk biaya ongkos kirim ke belahan dunia mana pun. Anda berminat? (arn,hda,net)

Kategori: IPTEK Tags: 
Topik populer pada artikel ini:

One Response to "SEPEDA (VELOCIPEDE) PERTAMA MUNCUL DI PERANCIS"

  1. Lucu ya sepeda kayu Perancis…

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.