JEMBATAN GANTUNG TERTINGGI DIDUNIA

Jembatan tertinggi : Baluarte Suspension Bridge
Jembatan Baluarte (Photo : skyscrapper.com)

Mexico, LP( 10/1) – Rekor jembatan gantung tertinggi di dunia terpecahkan di Mexico. Kamis lalu waktu setempat (5/1 ), Guinness Book of Records resmi menobatkan Jembatan Baluarte Bicentennial sebagai jembatan gantung tertinggi di dunia. Lokasi jembatan yang dibangun di atas jurang dan tebing terjal itu lebih tinggi daripada Empire State Building di New York, AS, atau Menara Eiffel di Paris, Prancis. Ketinggian jembatan yang menghubungkan dua negara bagian di barat laut Meksiko, Sinaloa dan Durango, itu mencapai 403,4 meter. Karena terletak di pegunungan Sierra Madre Occidental, jembatan yang mulai beroperasi sejak Kamis lalu tersebut memberikan tantangan tersendiri bagi penggunanya. Yang jelas, para pengemudi yang melintasinya tidak boleh takut terhadap ketinggian. “Total terdapat 152 gantungan baja yang menopang jembatan ini,” kata Gubernur Sinaloa Mario L”pez Valdez, yang mendampingi Presiden Meksiko Felipe Calderon, saat menerima penghargaan bergengsi itu. Kepada The Sydney Morning Herald, Valdez yang juga didampingi Gubernur Durango Jorge Herrera menambahkan, jembatan itu memiliki panjang 1.124 meter dan lebar 19,8 meter.

Jembatan tertinggi didunia
Jembatan Baluarte (Photo : skyscrapper.com)
Jembatan tertinggi didunia
Jembatan Baluarte (Photo : skyscrapper.com)

Sebagai penghubung atas dua negara bagian, jembatan ini memiliki empat jalur yang bisa dilewati kendaraan roda empat. “Jembatan ini merupakan bagian dari jalan raya Durango- Mazatlan, yang dibangun sejak 2006 dengan dana lebih dari 20 miliar peso atau sekitar Rp13,24 triliun oleh pemerintah,”jelas Kementransport dalam pernyataan tertulisnya.

Cameron, dalam pidatonya menyatakan puas dengan pembangunan jembatan itu. “Dengan pembangunan infrastruktur ini, kami akan melanjutkan kerja keras untuk mencapai seluruh target pemerintah. Terutama, memajukan ekonomi dua negara bagian yang terhubung jembatan,” tutur pemimpin 49 tahun tersebut seperti dilansir Daily Mail kemarin (7/1 ).

Jembatan yang dibangun dengan waktu sekitar empat tahun itu bakal memangkas jarak tempuh antar dua negara bagian. Karena tak lagi harus memutar dan melewati tebing-tebing tinggi, para penggunanya pun akan lebih hemat. Selain kendaraan bisa mengirit bahan bakar, jembatan tersebut memangkas waktu tempuh sekitar enam jam. (dailymail,smh ,hep,dwi, jpnn)

Kategori: KOLOM, MANCANEGARA Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: jembatan gantung tertinggi di dunia, jembatan tertinggi dari pemerintahan pemimpin negara, jembatan tertinggi dari pemerintahan pimpinan negara