KM GUNUNG BINTAN LAYARI RUTE TPI-LINGGA-JAMBI-BANGKA

Daik,LP(11/1) – KM Gunung Bintan, yang merupakan kapal perintis yang beberapa waktu lalu melayari kawasan Kepri bagian utara (Bintan-Anambas-Natuna), kini mengalihkan rute pelayarannya untuk kawasan Lingga mulai bulan ini (Januari 2012,red) dengan rute yang meliputi daerah Tanjungpinang (TPI)-Senayang-Seitenam (LINGGA)-Pekajang-Belinyu (BANGKA) PP. KM Gunung Bintan telah melakukan pelayaran perdananya di kawasan ini pada Senin (9/1) dari Jagoh-Pekajang-Belinyu, demikian dikatakan staf Kanpel Pelabuhan Dabo Singkep, Syahril, Sabtu (7/1) kemarin.

Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Lingga, M. Asward menyebutkan, kapal perintis itu memang masih dalam uji coba dan persiapan untuk melengkapi seluruh fasilitas, administrasi maupun untuk sosialisasinya. Dia berharap dengan tersedianya kapal perintis ini nantinya dapat memperlancar dan serta meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Lingga serta memberikan kemudahan kepada warga antar daerah untuk saling berkunjung ke daerah masing-masing. Selama ini hubungan Lingga-Bangka terputus pasca tutupnya PT Tambang Timah (Persero). “Tentu hal ini sangat menggembirakan, kita ketahui banyak warga Lingga, khususnya Dabo yang berdomisili di Babel, jadi tidak ada kendala lagi untuk pulang kampung,”ujar Bustami, warga Sekop Darat,Dabo.

Hanya saja, jelas Syahril karena merupakan kapal perintis, kapal tidak punya jadwal yang sama baik berangkat maupun tiba. Dengan rute dari TPI-Senayang-Seitenam-Jagoh-Pekajang-Belinyu. Sesuai surat dari Kepri, tidak semua daerah dapat dilalui dan berlabuh mengingat kondisi laut yang dangkal. Syahril juga menyayangkan pihak Pemkab Lingga yang kurang mensosialisasikan keberadaan kapal KM Gunung Bintan di jalus yang cukup potensial ini. Banyak masyarakat belum tahu. Meskipun memang masih dalam tahap percobaan di rute barunya. Misalnya, pada pelayaran perdana tidak ada penumpang yang naik. (arn,bp)

Kategori: LINGGA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini: km gunung bintan