Sainz Juara Tahapan Pertama Reli Dakar

Carlos Sainz (istimewa) Cordoba, Argentina (ANTARA News) – Carlos Sainz dari Spanyol membuka awal dari usaha mempertahankan gelar setelah memenangi tahapan pertama kategori mobil Reli Dakar yang berlangsung antara Victoria dan Cordoba, Minggu.

Sainz Juara Tahapan Pertama Reli Dakar
Carlos Sainz (istimewa)

Cordoba, Argentina (ANTARA News) – Carlos Sainz dari Spanyol membuka awal dari usaha mempertahankan gelar setelah memenangi tahapan pertama kategori mobil Reli Dakar yang berlangsung antara Victoria dan Cordoba, Minggu.

Melaju pada urutan pertama di atas Volkswagen, Sainz tampil tercepat pada tahapan khusus 222 kilometer yang dihiasi badai hujan, dengan membuat catatan dua jam 18 menit 32 detik, unggul satu menit 31 detik di depan pereli dari Prancis, Stephane Peterhansel yang memacu BMW, sebagaimana dikutip dari AFP.

Pemain dari Qatar, Nasser Al-Attiyah, runner-up tahun lalu setelah Sainz, berada di urutan ketiga dengan pautan waktu dua menit 16 detik dari pimpinan reli dari Spanyol itu.

“Rasanya mirip dengan Reli Inggris Raya. Sekitar 20 kilometer awal kami dihadang hujan,” kata Sainz yang berusia 48 tahun.

“Kami tidak bisa melihat apa-apa. Apalagi kipas mobil saya sempat ngadat. Saya amat gembira hari ini sudah berakhir,” tambah Sainz, mantan dua kali juara dunia reli.

Pebalap KTM memimpin perlombaan di kategori sepeda motor, ketika pemain dari Portugal Ruben Faria unggul 29 detik di depan penyandang gelar dari Prancis Cyril Despres dan pebalap favorit lainnya Marc Coma dari Spanyol di urutan ketiga dengan pautan satu menit 15 detik.

Sebanyak 140 mobil, 170 sepeda motor, 30 “quadbikes” dan 67 lori mengikuti perlombaan yang mengarungi tahapan 5.000km dari 9.500 km total rute yang dilalui peserta.

Setelah reli akbar ini diadakan 29 kali di Afrika antara 1979 dan 2007, akhirnya acara lomba dialihkan pada 2008 dengan alasan keamanan dan pada 2009 dan 2010 diadakan di Argentina dan Chile.

Tahapan kedua Senin diadakan antara Cordoba dan San Miguel de Tucuman, dan perlombaan berakhir di Buenos Aires pada 15 Januari.
(ANT/A024)

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/1294023368/sainz-juara-tahapan-pertama-reli-dakar

Kategori: OLAHRAGA Tags: 
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.