SEMPENA FBK 2016, 5 PERAHU LAYAR SUDAH BERLABUH DI PERAIRAN DESA PENUBA, LINGGA

Selayar, LINGGA POS – Sempena ajang Festival Bahari Kepri (FBK) 2016 dan guna memeriahkan kegiatan Sail Selat Karimata, lima perahu layar (yatch) mancanegara — dari puluhan lainnya — yang masih dalam perjalanan, sudah berlabuh di perairan Desa Penuba, Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga. Para yachter tersebut disambut meriah oleh penduduk tempatan dengan menyuguhkan berbagai aneka kesenian tradisional dan pemberian tanjak kepada perwakilan yachter saat melakukan kunjungan di Desa Penuba, Minggu (23/10).
FBK yang berpusat di Kota Tanjungpinang berlangsung mulai 20 – 30 Oktober 2016 dengan setidaknya sebanyak 38 rangkaian acara disepanjang kegiatan. Garis katulistiwa di Tanjung Teludas, Lingga yang juga sebagai bagian titik labuh jangkar yatch konon ditetapkan sebagai titik krusial bagi peserta Sail Selat Karimata untuk pemilihan raja dan ratu lautan (The Kings and Queens of The Sea, yang untuk pertama kalinya pada tahun ini ditaja para yachter.

Berikut jadwal kegiatan acara untuk panduan Anda menyaksikan gelaran FBK 2016 : Mulai dengan tabliq akbar peringatan 1 Muharram 1438 Hijriah yang ditaja Pemko Tanjungpinang pada Rabu (19/10) serta kegiatan goro bersih-bersih sampah di laut atau Eco Heros di lokasi Tugu Pinsil – Anjung Cahaya – Melayu Square — laman Bunda Tepi laut hingga ke Pelantar I, II, III, pelantar KUD dan perairan Senggarang. Dragon Boat Race pada 21 – 23 Oktober yang diikuti 36 tim (Kepri, luar Kepri dan peserta dari Luar Negeri), Drum banda antar pelajar di Lapangan Pamedan, Festival Kuliner 10 Kampung Melayu Square dan Lomba membaca Gurindam XII pada Selasa (25/10).

Adapun kegiatan puncak lainnya ajang Wonderful Indonesia Sailing atau rally kapal layar (yacth) yang diikuti berbagai negara melayari perairan Batam -Lingga – Tanjungpinang bersamaan dengan Wonderful Kepri Expo di Lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang. Juga ada kegiatan lomba memancing yang diikuti 62 tim di perairan belakang Pulau Penyengat. Tak hanya itu, kegiatan seni budaya lainnya ikut menyemarakkan FBK 2016, seperti lomba melukis bagi bagi pelukis profesional, pembacaan puisi oleh para penyair kawakan, parade mobil hias, pawai budaya dengan tampilan Marching band dari Akademi Angkatan Udara (AAU).
Pada 28 Oktober pertunjukan seni Sound from Motherland of Malay, seminar wisata bahari dan forum informasi pariwisata bahari serta Diplomatic Tour yang dihadiri oleh 25 duta besar.

JUSUF KALLA RESMIKAN GEDUNG GONGGONG.

Acara puncak FBK 2016 pada Sabtu (29/10) akan hadir Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sekaligus meresmikan Gedung Gonggong, tepi laut Tanjungpinang. Juga penampilan fly pass pesawat tempur Hawk dan paramotor dari TNI AU, terjun payung oleh TNI AL, Orchestra Senja dan menerbangkan sky lantern ke langit Tanjungpinang sementara di perairan Tanjungpinang akan dimeriahkan dengan kapal hias berparade menyusuri Sungai Carang – Anjung Cahaya termasuk penampilan jet ski, lomba permainan rakyat (sampan layar, sampan dayung, tepuk bantal, nambat itik, engkrang), gemstone, penjualan souvenir — yang akan dijadikan — materi lomba video dan drone. Selamat menyaksikan. (ph,af)

Kategori: KEPRI Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.