JUMLAH REMAJA INDONESIA 13 KALI PENDUDUK SINGAPURA

Gorontalo, (LINGGA POS) – Jumlah remaja di seluruh Indonesia tercatat lebih dari 70 juta jiwa atau 13 kali lipat dari jumlah penduduk Singapura. Jumlah remaja di Indonesia yang bertambah banyak itu seringkali diikuti berbagai macam situasi memprihatinkan. Penelitian yang dilakukan Universitas Indonesia (UI) dan Australia National University pada tahun 2010 menyebutkan sebanyak 20,9 persen remaja putri di Indonesia telah hamil di luar nikah karena berhubungan seks dan 38,7 persen telah melakukan pernikahan usia dini.

Remaja Indonesia

Sementara, dari ribuan kasus penderita HIV/AIDS pada kurun 2005-2012, tercatat 45 persen diantaranya adalah remaja. Demikian dipaparkan Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, Sudibjo Alimoeso, Senin, dihadapan ribuan mahasiswa dan pelajar di Universitas Negeri Gorontalo, pada acara sosialisasi mengenai program GENerasi beREncana (GENRE). Menurut Alimoeso, faktor dari makin rentannya situasi remaja Indonesia ini adalah perubahan sosial yang diikuti oleh pesatnya perkembangan teknologi. Media massa dan internet yang kian marak dan permisif menyuguhkan konten pornografi sangat mempengaruhi perubahan ini. BKKBN dalam hal ini, lanjutnya, berupaya menanggulanginya dengan Program Genre, yang di dalamnya terdapat proses edukasi melalui pusat informasi dan konseling yang didirikan di perguruan tinggi, sekolah dan organisasi-organisasi keagamaan yang ada. “Remaja Indonesia harus melakukan perencanaan konprehensif sejak dini, baik dalam hal pendidikan, karir atau pekerjaan, hingga menikah,” papar Alimoeso. (jk,an)

Kategori: MANCANEGARA Tags: , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: jumlah remaja putri di Indonesia, jumlah remaja di indonesia tahun 2013, jumlah remaja indonesia tahun 2012, jumlah penduduk remaja indonesia tahun 2013