DARIA : EMPAT TAHUN TERAKHIR ANGKA KEMISKINAN di LINGGA TURUN 15 PERSEN

Daik, (LINGGA POS) – Angka kemiskinan di Kabupaten Lingga pada kurun empat tahun terakhir mengalami penurunan cukup signifikan, yakni sekitar 15,83 persen dibanding pada 2008 lalu yang menyentuh angka 30 persen. “Penurunan angka kemiskinan ini tentu merupakan suatu prestasi yang membanggakan dan patut kita syukuri bersama,” kata Bupati Lingga H. Daria dalam sambutannya pada gelar acara peringatan hari jadi Kabupaten Lingga, di Lapangan Sepakbola Sultan Mahmud Riayat Syah, Daik Lingga, Selasa lalu. “Kita semua patut bersyukur, karena secara nasional tidak banyak daerah yang dapat menurunkan angka kemiskinan ini di daerahnya masing-masing. Data ini adalah berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lingga,” imbuh Daria.

Dirincikan juga antara lain angka partisipasi sekolah (APS) di Kabupaten Lingga yang pada 2011 untuk jenjang SD sebesar 94,40 persen, SLTP sebesar 93,68 persen dan jenjang SLTA mencapai 56,60 persen. Sementara persentase tingkat pengangguran dan kondisi ketenagakerjaan di Lingga adalah sebesar 64 persen. Sedangkan di bidang pertumbuhan ekonomi pada periode 2004-2012 mengalami pertumbuhan rata-rata 6,6 persen. Pemkab Lingga menargetkan pada 2015 nanti angka ini akan mencapai minimal 6,78 persen.

“Pada 2013, kita akan kembali melanjutkan prioritas pembangunan yang ‘dipending’ akibat defisit yang terjadi. Untuk itu perlu dukungan, kerja keras dan cerdas baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, para pelaku usaha dan ekonomi, dan juga tentunya dari partisipasi seluruh komponen masyarakat Lingga pada umumnya,” himbau Daria, yang telah dua periode memimpin negeri Bunda Tanah Melayu ini. (syk,ab)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: