STQ PROVINSI KEPRI V 2013 DIMULAI

Tanjungpinang, (LINGGA POS) – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Provinsi Kepri V tahun 2013 dibuka secara resmi oleh Gubernur Kepri HM Sani, Selasa (25/6-2013) malam di arena utama pelaksanaan Lapangan Dewa Ruci, Tanjungpinang. “Marilah kita membumikan Al Quran sebagai pedoman hidup, membentengi diri kita dengan nilai-nilai Al Quran sebagai pedoman hidup,” ujar Sani dalam pidato sambutanya didampingi Ketua LPTQ Kepri HM Soerya Respationo, para bupati/walikota se-Kepri, dan tokoh masyarakat lainnya. “Dengan STQ ini kita dapat mengamalkan nilai-nilai kitab suci agama kita tersebut sehingga seluruh hidup kita selalu dipedomani oleh ajaran-ajaranNya,” lanjut Sani.

Dimulainya pelaksanaan STQ Provinsi Kepri V yang akan berlangsung 25/6 – 29/6-2013 tersebut ditandai dengan pemukulan beduk bersama seluruh pimpinan daerah kabupaten/kota se-Kepri dan dilanjutkan dengan acara seremonial secara kolosal dengan berbagai atraksi oleh tuan rumah Kota Tanjungpinang disaksikan oleh ribuan pengunjung memenuhi laman arena utama. Sebelumnya, prosesi kegiatan dimulai dengan pawai taaruf bersama oleh seluruh kafilah dari 7 kabupaten/kota. Senin pagi dengan star di Asrama Haji, Tanjungpinang dengan arak-arakan para kafilah menuju Lapangan Dewa Ruci sepanjang 1,5 kilometer.

Tuan rumah Tanjungpinang menyertakan 1.567 kafilah, Batam 600 kafilah, LINGGA 500 kafilah dan kafilah lainnya yang seluruhnya mencapai 3.900 kafilah, yang dilepas oleh para bupati/wakikota se-Kepri. Lingga Sertakan 8 peserta. Kabupaten Lingga menyertakan sebanyak 8 Qori dan Qoriah yang akan mengikuti lomba di cabang-cabang tilawah anak-anak putri, tilawah dewasa putra/putri, hifzil Quran 1 jus putra/putri, dan hifzil Quran 5 jus putra/putri. Sementara untuk cabang tilawah remaja dan tafsir bahasa Arab, Lingga absen. Namun, kafilah Lingga optimis meraih posisi terbaik setidaknya di cabang hifzil Quran 1 jus. Ketua kafilah Lingga Ayuzar, berpesan agar kafilah Lingga dapat senantiasa menjaga sikap dan sopan santun sebagai tamu yang baik selama berada di Tanjungpinang dan tetap mengutamakan sportivitas dan silaturahmi dengan para kafilah dari kabupaten/kota se-Kepri. “Dukungan semangat dan doa dari para penggembira dan masyarakat Lingga tentunya sangat dibutuhkan agar Qori/Qoriah dan Hafidz/Hafidzah kita dapat memberikan yang terbaik,” kata Ayuzar, di sela-sela kesibukannya memimpin keberangkatan kafilah, yang menggunakan dua kapal ferry dari Pelabuhan Tanjungbuton, Daik, Senin kemarin.

Ketua Panitia Pelaksana STQ Provinsi Kepri V, Jofrizal mengatakan, seluruhnya peserta lomba yang mengikuti seleksi tahun ini sebanyak 112 peserta, dengan dewan hakim penilai baik dari provinsi maupun dari tingkat nasional sehingga diharapkan dari STQ ini akan berhasil menampilkan Qori/Qoriah dan Hafidz/Hafidzah terbaik yang akan menjadi duta Kepri di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional yang akan berlangsung di Belitung, Provinsi Bangka Belitung pada Agustus 2013. Ditambahkan dia, disamping kegiatan utama, pelaksanaan STQ tahun ini juga mengadakan berbagai kegiatan-kegiatan penunjang seperti bazar, pameran dan lomba-lomba lainnya untuk lebih memeriahkan ajang STQ dan syiar Islam. “Kita juga menyediakan berbagai hadiah setiap hari bagi para pengunjung hingga hari terakhir dengan menyediakan door prize ibadah Umrah bagi pengunjung yang beruntung,” kata Jofrizal. Pada STQ Provinsi Kepri IV tahun 2012, Kabupaten Karimun berhasil keluar sebagai juara umum. Sementara untuk pelaksanaan STQ VI Provinsi Kepri 2014 akan berlangsung di Kota Batam. (rasn,af)

Kategori: KEPRI, LINGGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkini

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.