WEBSITE, VIDEO YOUTUBE, EMAIL, TWEET, eBAY PERTAMA di DUNIA

(LINGGA POS) – Website pertama yang ada di dunia internet adalah sebuah halaman singkat yang menyediakan berbagai macam link di dalammnya. Menariknya, link yang ada di halaman tersebut ternyata masih aktif dan bisa diakses dengan baik. Di posting pada 1992 (20 tahun lalu), gambar pertama yang hadir di internet adalah gambar sebuah band parody, The Horribles Cernettes. Sayangnya, gambar yang pertama kali muncul di internet ini sangat buruk dalam pengeditan, tidak seperti Photoshop di jaman sekarang ini. Dan, Email pertama yang dikirim antara dua komputer ternyata lebih tua ketimbang website ataupun gambar. Email ini untuk pertama kali dikirim pada 1971 oleh Ray Tomlinson, staf di APPANET. Meskipun tidak diketahui apa isi email pertama itu, namun Tomlinson mengatakan email tersebut hanya berisi kalimat “QUERTYUIOP”.

Tahukah Anda video YouTube pertama? Video YouTube pertama yang diunggah berdurasi 18 detik. Video itu berisi tentang pendiri YouTube yaitu Jawed Karim, yang sedang berjalan-jalan di depan kandang gajah di Kebun Binatan San Diego yang diupload pada 2005 dan diberi judul “Me at the zoo”. Video inilah yang kemudian menandai sebuah perubahan besar dalam hal video Streaming di dunia internet. Pasalnya, hanya berselang 1,5 tahun setelah peluncuran video  tersebut, YouTube kemudian dibeli Google seharga US$ 1,65 miliar. Tweet pertama di Twitter : “Just setting up my twttr,” merupakan kalimat pertama yang ada di situs microblogging Twittter. Twitter yang bernama Jack Dorsey  pada 21 Maret 2006 tersebut tidak ditulis secara langsungnya karena itu merupakan tweet otomatis dari sistem Twitter. Pada saat itu situs microblogging masih bernama twttr, yang kemudian diubah beberapa saat menjadi Twitter.

eBay : Barang pertama yang dijual di eBay dari Amazon, adalah sebuah buku. Hal itu wajar, karena Amazon memang sebuah toko buku online. Namun, tahukah Anda barang pertama yang dijual di eBay, mengingat eBay adalah sebuah toko online yang juga menjual berbagai macam barang mulai dari topi hingga biji kedelai? Bahkan, jika Anda mengetahui bagaimana cara mencarinya, maka tidak akan ada barang yang tidak bisa Anda temukan di sana. eBay didirikan pertama kali sebagai sebuah situs lelang oleh Pierre Omidyar pada 1944. Bermula dari hobinya, yang kemudian menaruh beberapa barang untuk dijual di websitenya itu. Akhirnya pada 1995 ia berhasil menjual barang pertama melalui eBay ini, sebuah Pointer laser yang sudah rusak seharga US$ 4 yang dibeli oleh kolektor laser. Dan, orang pertama di Daftar Facebook, adalah pemiliknya sendiri, Mark Zuckerberg. Ya, dialah Founder Facebook yang pertama mendaftar di situs jejaring fenomenal ini dengan nomor id 4. Dulunya http://www.facebook.com/profile.php?id=4.  (kks)

Kategori: IPTEK
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkini

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.