UN 2014, JUMLAH PAKET SOAL DITAMBAH

Jakarta (LINGGA POS) –NASKAH SOAL BERBEDA DISETIAP REGIONAL.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menambah jumlah paket soal ujian nasional (UN) 2014 menjadi 160 paket. Langkah itu diharapkan dapaj memperkecil peluang mencontek dan guna meningkatkan kredebilitas pelaksanaan UN secara umum. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh memaparkan bahwa ada perubahan jumlah paket soal dalam pelaksanaan UN tahun ini. Jika pada tahun sebelumnya hanya 20 pakae soal di seluruh Indonesia, maka pada 2014 jumlahnya akan bertambah menjadi 160 paket soal. Lebih detail, Mendikbud menjelaskan, dalam proses pencetakan naskah soal UN tendernya akan dibagi menjadi 8 regional atau wilayah. Setiap regional akan mencetak paket soal yang berbeda. “Setiap regional akan mencetak 20 paket soal yang berbeda jadi total ada 160 paket UN di seluruh Indonesia,” kata Mendikbud di Jakarta, kemarin. Dengan lebih banyak jumlah paket, diharapkan dapat menekan tingkat saling mencontek, dan siswa dapat tetap lebih fokus mengerjakan soal. Dengan demikian, hasil dan kredebilitas UN secara nasional dapat lebih optimal.

 

GUNAKAN KERTAS 100 GRAM.

Jika tahun lalu kertas yang digunakan adalah 80 gram atau bahkan ada yang di bawah itu, tahun ini secara merata akan menggunakan kertas 100 gram. Sistem kode bar dalam kertas soal juga akan lebih diperhatikan. Kertas dengan lembar jawaban kode bar A, harus dipasangkan dengan lembar soal kode yang sama. “Kalau sampai yang A dipasangkan dengan B, akan tidak cocok, maka akan jadi masalah nantinya,” tegas Mendikbud. Pelaksanaan UN jenjang SMA/SMK/MAK/SMALB akan digelar pada 14 April 2014 sedangkan untuk jenjang SMP/MTs/SMPLB pada 5 Mei 2014. Mata pelajaran yang diujikan untuk SMA/SMK/MAK/SMALB adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Dalam kelulusan UN 2014 akan ada dua nilai penentu. Yakni nilai sekolah (NS) dan nilai akhir (NA). NS adalah gabungan nilai rapor sebesar 70 persen dan nilai ujian sekolah sebesar 30 persen. Sedangkan NA adalah gabungan NS dan nilai UN. Siswa dinyatakan lulus bila NA setiap mata pelajaran yang di UN-kan paling rendah 4,0. (kj)

Kategori: NASIONAL Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini: jumlah paket un 2014, paket UN 2014, jumlah paket soal UN 2014, jumlah paket soal un sma 2014, jumlah paket un sma 2014