INI SYARAT KULIAH GRATIS PROGRAM ADik 3T

Tanjungpinang, LINGGA POS – Bagi anak-anak tempatan atau yang berdomisili di daerah Terdepan, Terluar, Terpencil (3 T) akan mendapatkan bantuan untuk meneruskan studi hingga ke jenjang pendidikan tinggi negeri (PTN) secara gratis. Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) 3 T ini juga memberikan dana bantuan pendidikan selama masa perkuliahan. Setidaknya ada 62 PTN (39 universitas dan institut dan 23 politeknik) yang telah disiapkan pemerintah sebagai PTN pelaksana program tersebut.   Wakil Direktur I Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Provinsi Kepri Firdaus LN mengatakan, sementara ini ada 20 siswa yang berasal dari 4 kabupaten di Kepri (Bintan 3, Karimun 5, Natuna 6, Anambas 6) yang berkesempatan kuliah di PTN secara gratis. UMRAH sendiri telah ditunjuk selaku PTN koordinator program ADik 3T tersebut. Nantinya, kepada setiap mahasiswa akan mendapatkan bantuan pendidikan program ADik 3T sebesar Rp8.400.000 per semester (meliputi biaya penyelenggaraan pendidikan mahasiswa Rp2.400.00 per semester yang ditransfer langsung ke rekening perguruan tinggi sesuai panduan operasional baku (POB). “Setiap mahasiswa juga mendapatkan bantuan Rp6 juta per semester dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang ditransfer ke rekening masing-masing mahasiswa,” kata Firdaus.
   Dijelaskannya, program ADik 3T ini adalah sebagai program keberpihakan pemerintah kepada anak-anak daerah 3 T di seluruh Tanah Air dengan memberikan kesempatan belajar di PTN yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui mekanisme seleksi khusus siswa SMA sederajat berdasarkan penjaringan prestasi akademik.   SYARAT PENDAFTARAN. Sekolah yang berhak mengikuti program ADik 3T ialah sekolah yang direkomendasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Siswa yang disertakan dalam program ini diusulkan kepala sekolah dan mendapatkan rekomendasi dari Pemkab/Pemko dan memiliki prestasi akademik yang dibuktikan dengan fotocopy rapor lengkap dari semester I – V.   Syarat lainnya, calon mahasiswa pada saat mendaftar paling tinggi berusia 24 tahun, sehat fisik dan mental dari dokter pemerintah (rumah sakit/puskesmas). Pendaftara secara langsung melalui Dinas Pendidikan setempat dengan membawa kelengkapan persyaratan yang telah ditetapkan dan dikoreksi oleh PTN koordinator untuk diseleksi. Pendaftaran dan verifikasi para calon mahasiswa di mulai pada 20 Mei – 5 Juni 2015. Persiapan ujian tulis dilaksanakan 5 – 18 Juni dan ujian tulis pada 20 juni 2015. (arn,bt)

Kategori: KEPRI, NASIONAL Tags: , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: beasiswa adik 3t 2016, ADIK 3T 2016, beasiswa adik 2017, beasiswa adik 3t, beasiswa adik 2016