INDONESIA, SALAH SATU DARI 6 NEGARA KEPULAUAN YANG TERANCAM TENGGELAM

(LINGGA POS) – Pemanasan global dan perubahan iklim, membuat permukaan air laut naik sekitar 1 – 3 meter per tahun sejak abad ke-20. Hingga saat ini permukaan air laut naik lebih dari 1.200 meter. Akibatnya, sering terjadi banjir di daerah pesisir pantai.
Dan, bagi pulau-pulau kecil, ini adakah awal dan berakhirnya keberadaan mereka di bumi.

image

Nah, negara-negara mana saja yang terancam tenggelam dalam beberapa tahun ke depan?   

1. KIRIBATI.
Negara yang letaknya di Oceania dan Samudera Pasifik ini diprediksi sebagai negara pertama yang akan tenggelam. Sekitar 105 -609 penduduk dari 33 pulau kecil di sana sudah wengungsi karena mulai tenhelam. Presiden Karibati, Anote Tong sempat membeli lahan di kepulauan Fiji untuk mengungsi. Namun, karena sama-sama terletak di Samudera Pasifik yang juga berisiko tingggi tenggelam, Tong akhirnya minta bantuan Selandia Baru sebagai tempat mengungsi rakyatnya.
Negara yang paling sedikit menyumbang polusi karbon, penyebab utama pemanasan global ini, ternyata terkena dampak paling parah.  

2. MALADEWA. 
Negara kepulauan ini terletak di sebelah barat daya Srilanka. Permukaan tanahnya rata-rata setinggi 1,5 meter di atas permukaan laut. Saat ini sudah sekitar 1.990 pulau kecil dan pulau karangnya yang terendam dan membuat Presiden Mohammed Nasheed, berencana memindahkan sekitar 350 ribu warganya ke Australia.  

3. GHORAMARA. 
Terletak di selatan India. Permukaan air lautnya secara global ditambah es di pegunungan Himalaya yang mencair, membuat permukaan air di daerah teluk Bengal ini naik drastis setiap tahun.
Sejak 1969, negara pulau ini telah mulai tenggelam hingga mencapai 2/3 pada tahun 2006. Lebih dari 7 ribu penduduk diungsikan.  

4. SHISHMAREF. 
Daratan di pesisi negara ini menghilang tersapu ombak dan permukaan air lautnya semakin naik. Banyaknya es yang mencair membuat struktur tanah tidak stabil sehingga banyak rumah penduduk rusak. Perubahan iklim di sini juga menyebaakan badai semakin dahsyat dan menimbulkan erosi memakan daratan hingga sekitar 38 meter.
Meski sudah dibangun tembok penahan air laut, daerah ini tetap kehilangan daratan rata-rata 3,3 meter per tahun. Saat ini, dari 213 desa di Alaska, lebih dari 80 persen rusak karena masalah yang sama.  

5. TUVALU. 
Sejak 10 tahun lalu, pemerintah Tuvalu sudah meminta bantuan Australia un tuk mengungsikan 12 ribu penduduknya. Titik tertinggi di negara mungil ini hanya 4,5 meter. Pulau-pulau besar sudah mulai terendam hingga setengahnya sementara pulau-pulau kecil lenyap. Diprediksi, 50 tahun lagi Tuvalu tinggal sebuah nama.  

Dan ….

6. INDONESIA. 
Menurut riset Badan Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan, sejak 2005 negara kepulauan ini sudah kehilangan 24 dari 17.504 pulau. Jika tidak ada perbaikan, diperkirakan hingga tahun 2030, Indonesia akan kehilangan sekitar 2.000 pulau. 
Saat ini pulau yang terancam tenggelam ada ratusan pulau kecil di perairan Maluku, Pulau Batu Berating, Nipa, Putri dan Pelampong di Batam serta Pulau Cantik, Samalona di pantai selatan Sulawesi Barat yang diperkirakan tenggelam pada 2020. (l6)

Kategori: MANCANEGARA, NASIONAL Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.