AWE : PERKEBUNAN UBI KAYU DAN PABRIK PENGOLAHAN TEPUNG TAPIOKA DAPAT TAMPUNG RIBUAN TENAGA KERJA

image

Daik, LINGGA POS – Guna menggesa pembangunan daerah yang saat ini masih dalam situasi tidak menentu utamanya dalam penyerapan tenaga kerja di Lingga, Bupati Lingga Alias Wello (Awe) berencana untuk membangun pabrik tepung tapioka.
Jika terlaksana, perkebunan ubi kayu dengan lahan seluas 5.000 hektar dan dengan investasi dana sebesar Rp200 miliar, maka pabrik tepung tapioka tersebut setidaknya bisa memperkerjakan ribuan tenaga kerja.    “Nantinya pengusaha lokal akan membentuk konsursium untuk mengolah tepung tapioka dan perkebunan tapioka (ubi kayu) di lahan seluas 5.000 hektar,” kata Awe, sembari menjelaskan bahwa jumlah lahan sebesar itu adalah lahan yang digarap di beberapa kecamatan di Lingga seperti di Daik-Lingga, Senayang dan Singkep melalui pengembangan perkebunan tanaman yang sangat cocok di wilayah Lingga ini dengan pola PIR seluas 2.000 hektar dan pola plasma seluas 3.000 hektar.   
Semua itu lanjut dia adalah untuk mewujudkan program Lingga Terbilang khususnya dibidang ketahanan pangan yang meliputi pencetakan sawah di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara dan juga penanaman bibit kelapa hibrida yang nantinya dikelola oleh Koperasi Pegawai (ASN) Lingga. (syk)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: