POLITIKUS MUSLIM JADI WALIKOTA LONDON

image

London, LINGGA POS – Sadiq Khan, politikus muslim keturunan Pakistan, terpilih menjadi Walikota London, Inggris, dalam pemilihan umun yang dihelat Jumat (7/5). Khan, putra seorang supir taksi meraup 57 persen dukungan mengalahkan rival terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif yang cuma meraih 43 persen suara. Dalam pidato kemenangannya, Khan berterima kasih kepada warga London karena memberinya kepercayaan memimpin kota megapolitan dengan anggaran sebesar USD 32 miliar per tahun tersebut. Dia tak pernah menyangka bisa menjadi Walikota karena berasal dari keluarga migran kelas bawah. “Saya ingin setiap warga London bisa memiliki rumah yang layak dan pekerjaan yang patut serta udara yang lebih bersih,”kata Khan.   
Dengan kemenangan ini, Khan menjadi sosok muslim dengan jabatan politik tertinggi di Eropah. Khan (45), bermukim di Selatan Kota London bersama isteri dan dua anaknya, sejatinya memang bukan politikus muslim pertama yang menjadi Walikota di negara Eropa. Sebelumnya, Ahmed Abutaleb pernah menjabat Walikota Rotterdam, Belanda. Cukup banyak warga muslim, baik yang sejak lahir tinggal di Inggris maupun dari keluarga imigran yang terjun ke dunia politik. Di parlemen Inggris misalnya, saat ini setidaknya ada 13 wakil rakyat yang menganut agama Islam.   
Meskipun dapat dimaklumi, kemenangan Khan — kader dari Partai Buruh — banyak mendapat serangan dari kubu pesaingnya selama masa kampanye sebulan terakhir. Tim sukses Gold Smith mempermasalahkan latar belakang Khan sebagai muslim. Ia dituding tak akan sanggup mengatasi kemungkinan teror di London karena bersimpati pada Islam garis keras. Namun, Khan sendiri tak melayani serangan lawannya, dia memilih terus fokus pada janji kampanyenya terkait perbaikan infrastruktur, pembangunan rumah murah, serta revitalisasi transportasi umum.    Kampanye negatif dari pihak lawan (Partai Konservatif) justru berbalik menguntungkan Khan. Ia banyak memperoleh dukungan dari berbagai komunitas utamaoya para imigran London maupun pemilih kelas menengah.   
Di sisi lain, Goldsmith mengakui kekalahannya. Dan, dia berhara Sadiq Khan sukses memimpin London. (ph/al,ard/mdk)

Kategori: MANCANEGARA, SYIAR ISLAM Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: