WABUP LINGGA BUKA DIKLAT PRAJABATAN CASN 2016

Dabo, LINGGA POS – Pelaksanaan kegiatan diklat prajabatan adalah sebagai unsur utama sumber daya manusia setiap aparatur negara dan mempunyai peran yang sangat menentukan bagi keberhasilan penyelenggaan pemerintahan dan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. Demikian disampaikan oleh Wakil Bupati Lingga M. Nizar saat membuka secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan kepada Calon Aparatus Sipil Negara (CASN) tahun 2016 di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga yang berlangsung di Hotel One, Dabo Singkep, Selasa (2/8). Lanjut Nizar, diklat prajabatan ini adalah sebagai syarat bagi CASN untuk diangkat menjadi ASN sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan ASN.

Para CASN akan diberikan pengetahuan guna pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika ASN, termasuk tentu saja pengetahuan dasar sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasi agar kelak jika sudah menjadi ASN mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

JANGAN DIJADIKAN BATU LONCATAN.

Namun, Nizar menekankan agar para CASN tidak menjadikan Pemkab Lingga hanya sebagai batu loncatan setelah menjadi ASN langsung mengajukan pindah atau mutasi ke daerah lain. Hal itu banyak terjadi sehingga sangat merugikan daerah tempat CASN sebelumnya melamar dan mengikuti tes lalu tanpa rasa tanggung jawab dan amanah mengajukan pindah dari tempat mereka menjadi ASN. “Sesuai perjanjian, sebelum menjalani masa tugas selama 10 tahun sebagai ASN di Pemkab Lingga, maka tidak dibenarkan adanya pengajuan mutasi kerja. Jika ada, maka dianggap ASN terkait mengundurkan diri,” tegas Nizar. (arn,sr)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: