2017, UGM PT PERINGKAT 1 DI INDONESIA

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) kembali mengumumkan pengelompokan/klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2017 bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Sumber gambar: http://dikti.go.id

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) kembali mengumumkan pengelompokan/klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2017 bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72.
Sumber gambar: http://dikti.go.id

Jakarta, LINGGA POS – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI mengumumkan pemeringkatan perguruan tinggi (PT) di Indonesia. Tahun ini, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta berada di posisi teratas alias peringkat 1 rangking nasional. Sementara, Institut Teknologi Bandung (ITB) — yang pada tahun lalu berada di posisi 1 — turun peringkat di rangking 2 nasional. Kemenristekdikti mengumumkan hasil klasterisasi PT di Indonesia untuk tahun 2017 pada Kamis (17/8). “Klasterisasi atau perangkingan perguruan tinggi ini ke depannya diharapkan dapat menjadikan perguruan tinggi di Indonesia semakin berkualitas,” ungkap Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI Muhammad Nasir.

JADI ‘BENCHMARK’

Rektor ITB, Kadarsah Suryadi, sebagaimana dikutip dari Tempo.co mengatakan pihaknya mengapresiasi atas berhasilnya UGM menjadi nomor 1 tahun ini. Meskipun ia mengaku belum mengetahui pasti apa parameter yang dimenangkan oleh UGM. “UGM sekarang menjadi ‘benchmark’. Salut dan Alhamdulillah. Kita harus maju bersama,” kata Kadarsah di kampusnya, Jumat (18/8).

Berikut perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam klaster I (lima belas besar) tahun 2017 :

  1. Universitas Gajah Mada (UGM)
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  4. Universitas Indonesia (UI)
  5. Institv Teknologi Sepuluh November
  6. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  7. Universitas Air Langga (UNAIR)
  8. Universitas Brawijaya (UNBRAW)
  9. Universitas Hasanuddin
  10. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  11. Universitas Sebelas Maret
  12. Universitas Andalas
  13. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  14. Universitas Pajajaran (UNPAD).

(ph,arn)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: