SISWA SMA SEDERAJAT KECAMATAN SINGKEP GELAR RIHLAH UKHWAH

Dabo, LINGGA POS – Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat yang ada di Kecamatan Singkep yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMK Mahardhika dan Madrasah Aliyah (MA) Al Barakah sempena memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah atau bertepatan dengan 21 September 2017 untuk pertama kalinya bergabung bersama menggelar kegiatan rihlah ukhwah.

Foto-Bersama-Peserta-PPK

Penggagas kegiatan dan sekaligus sebagai ketua panitia rihlah ukhwah, Syafriandy mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud menanamkan rasa persaudaraan dan saling memiliki antar para siswa lintas sekolah. “Kita mengharapkan agar sesama siswa dimanapun mereka belajar di sekolah yang berbeda tetap memiliki rara persaudaraan yang kuat dan saling menjaga pertemanan yang telah dibangun antar sekolah masing-masing,” ujar Syafriandy yang juga sebagai guru di SMA Negeri 2 ini. Kegiatan yang digelar di lokasi Pantai Sergang Indah Nusantara, Desa Tanjung Harapan, Dabo ini utamanya diikuti para siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) bersama dengan penuh kekompakan melakukan berbagai kegiatan seperti game outbound, studi kasus tentang problematika yang aktual terjadi saat ini, shalat berjamaah, ceramah agama dan sebagainya.

IMPLEMENTASI PERPRES TENTANG PPK

Menurut Syafriandy sejatinya kegiatan rihlah ukhwah tersebut adalah sebagai implementasi dari program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai salah satu agenda utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Lanjut dia, Rihlah adalah perjalanan untuk mentadaburi alam dengan maksud dan tujuan yang baik dengan niat kepada Allah SWT. Dalam arti, perjalanan ini adalah perjalanan liburan bersama (ukhwah) dari kegiatan yang telah berlangsung lama dari kegiatan belajar mengajar di sekolah masing-masing dan menguatkan rasa solidaritas, memperbaiki kembali kerenggangan jika ada, membangun persaudaraan dan rasa peduli terhadap sesama. (sra,arn)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: