Syiar Islam : TULISAN “ALLAH” DITEMUKAN DI KOSTUM BANGSA VIKING

tulisan-arab-allah-dan-ali-pada-pakaian-penguburan-viking_20171012_180109

(LINGGA POS) – Annika Larsson, seorang arkeolog tekstil dari Universitas Uppsala, Swedia menemukan hal mengejutkan dari bangsa Viking dimana ketika dia menggali kuburan yang ada sejak zaman itu menemukan sebuah kostum bangka Viking yang bertuliskan huruf Arab, “Allah”. Selain itu, dalam tulisan itu juga terbentuk sebuah nama “Ali” atau Ali bin Abi Thalib, yang adalah sepupu dari Nabi Muhammad SAW.

Larsson berteori jika bangsa Viking sudah dipengaruhi oleh Islam, utamanya dalam konsep kehidupan setelah kematian. Bangsa Viking ‘diprediksi’ percaya dengan konsep kehidupan yang kekal dan abadi di surga dalam tradisi Islam.

KOSTUM DARI BAHAN SUTRA

Tulisan yang membentuk nama “Allah” dan “Ali” itu ditemukan di sehelai kostum berbahan sutra di makam yang terdapat di kawasan Birka, yang merupakan kota bersejarah bangsa Viking.
“Di dalam Al Quran, tertulis bahwa para penghuni surga akan menggunakan pakaian sutra. Teks di prasasti tersebut dapat menjelaskan kemunculan sutra di kuburan Viking,” papar Larsson. Bahkan sebelumnya, tepatnya pada tahun 2015, periset dari Swedia di Universitas Stockholm, juga pernah menemukan sebentuk cincin dari abad ke-9 juga di sebuah kuburan bangsa Viking. Pada cincin tersebut tertulis kalimat dalam bahasa Arab “Untuk Allah” dan “Kepada Allah”. (pebriansyah ariefena/sc)

Kategori: IPTEK, MANCANEGARA, SYIAR ISLAM Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: