INDONESIALEAKS RESMI DILUNCURKAN

Jakarta, LINGGA POS – AYO BANTU UNGKAP KASUS KORUPSI!

indonesialeaksSebanyak 10 media massa yakni Suara.com, Tempo, JARING, KBR, CNN Indonesia, The Jakarta Post, Bisnis Indonesia, Independen.id, Sindo dan Liputan6 dan 5 organisasi sipil yang mendukung platform seperti ICW, LBH Pers, Change.org, Greenpeace dan Auriga, bersama meluncurkan laman Indonesialeaks.id sebagai laman bagi para whisteblower alias informan publik menyampaikan informasi penting terkait kejahatan. Melalui laman ini, siapapun bisa menjadi informan publik dengan cara memberikan data atau dokumen — terkait kepentingan publik — secara anonim atau tanpa nama kepada media untuk kepentingan investigasi publik. Media akan mem-verifikasi lebih jauh dokumen tersebut.

Laman yang disediakan ini dinilai sangat penting, karena perlindungan pada informasi publik di Indonesia saat ini masih minim. Mereka yang mengambil resiko membocorkan informasi penting mengenai kejahatan di dalam institusinya biasanya mengalami persekusi dan dihukum pidana. “Indonesialeaks dirancang sebagai sebuah platform bersama, kolaborasi antar 10 media ditambah setidaknya 5 organisasi sipil untuk berbagi peran, tanggung jawab, sumber daya dan resiko. Dengan dilakukan bersama, kami berharap dampak liputan investigasi juga akan lebih besar dan luas,” kata Pemimpin Redaksi Tempo.co Wahyu Dhyatmika saat peluncuran Indonesialeaks di Jakarta, Kamis (14/12). Menurut dia, kolaborasi juga dilakukan antara media dan masyarakat sipil untuk mendorong penguatan agenda masyarakat sipil yang penting untuk masyarakat ramai.

TEROBOSAN TERBAIK.

Direktur Eksekutif Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi, Eni Mulia mengatakan Indonesialeaks sebagai langkah terobosan terbaik dalam upaya mendorong tata kelola pemerintah yang baik dan pemberantasan korupsi. Kata dia, ada 3 hal mendasar di dalamnya yaitu dukungan teknologi mutakhir yang menjamin kerahasiaan dan keamanan identitas para informan publik; kerjasama antar media; dan profesionalisme dalam penggarapan laporan jurnalisme investigasi membongkar kasus korupsi serta mendorong partisipasi dan perhatian publik dalam berkontribusi pada upaya pengawasan dan penghapusan korupsi. (ph/sc)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.