WARGA TIONGHOA LINGGA SAMBUT IMLEK 2562

Dabo, LP(2/2) – Hari Rabu tanggal 3 Februari 2O11 besok atau bertepatan dengan Tahun ke 2562 penanggalan Cina atau lebih tepatnya merupakan Hari Raya Imlek. Perayaan imlek menurut Anly Cenggana,SH seorang Pengamat Agama Khonghucu di Indonesia,pada dasarnya mengandung unsur edukasi terutama terhadap anak-anak yang sebelumnya tidak mengenal “budaya” Tionghoa dan juga merupakan hari berkumpulnya saudara-saudara untuk bersuka cita setahun sekali terutama ditempat kediaman kedua orang tua. Disinilah saudara kandung berkumpul setelah lama tidak bertemu dengan kesibukan masing-masing dan tentu saja memberikan nilait kebahagiaan tersendiri utamanya bagi kedua orang tua.

Makan bersama atau Wi Lo, yaitu dengan sajian makan tradisional berupa steamboat yang mempunyai makna yang tinggi berupa lambang persatuan segenap anggota keluarga.

Bahu membahu memikul beban bersama dan menikmati bersama atas jerih payahnya dengan saling menunjang pada setiap kegiatan usaha. Berkumpul dengan orang tua ketika masih hidup paling penting seperti pepatah leluhur Cia Yeo Yi Lau, Lu Yeo Yi Pau bahwa keluarga yang mempunyai orang tua lebih berarti dari memiliki permata bernilai tinggi sekalipun.

Seperti juga di Kabupaten Lingga masyarakat Tionghoa baik yang berhimpun di Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) atau Perhimpunan Indonesia Tionghoa (PITI) di Kabupaten Lingga merayakan Hari Raya Imlek ke 2562 dengan suka cita, bersilaturahmi saling memaafkan. Menciptakan keharmonisan dan meningkatkan pergaulan sosial kemasyarakatan yang damai bahkan masyarakat dunia secara keseluruhan.

Sejak beberapa waktu lalu menjelang Hari Raya Imlek warga Tionghoa asal Lingga terutama dari Dabo Singkep yang ribuan bermukim di Tanjungpinang, Karimun, Batam dan juga dari pulau Jawa atau Sumatera bahkan di Singapura dan Malaysia telah “balek kampung” untuk bersama-sama merayakan Imlek. Disekitar jalan protokol telah terpasang lampu-lampu lampion serta pernak pernik hiasan berwarna cerah sehingga menambah semarak dan meriah. Di kelenteng atau Vihara Cetiya Dharma Ratna,Dabo Singkep ramai dikunjungi umat Khonghucu untuk beribadah bersama. Diikuti kemeriahan atraksi barongsai yang energik.

Gong Xi Fa Cai. Selamat Tahun Baru Imlek 2562.

(ph)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: