CINA SIAPKAN AL UNTUK PERANG

Beijing, LP(9/12) – Presiden Cina Hu Jiantao mendesak Angkatan Laut (AL) Cina selalu siap siaga dan siap berperang, di tengah adanya rencana penambahan pasukan AS di wilayah Pasifik. “AL Cina harus mempercepat transformasi dan modernisasinya dan siap bertempur demi mempertahankan eksistensi negara,”ujarnya seperti dikutip AFP, Rabu (7/12). Selain masalah rencana penempatan 2.500 pasukan AS di Asia Pasifik, Cina juga masih khawatir akan sengketa laut Cina Selatan yang hingga kini masih memanas.

Menanggapi hal ini Pentagon berkomentar, Cina tidak boleh mengabaikan transparansi ketika negaranya tengah mengembangkan kekuatan militer. “Mereka berhak meningkatkan kapabilitas militernya seperti AS lakukan, namun kami sudah berkali-kali mendesak Cina agar lebih transparan dalam aktivitas kemiliterannya,” ujar jubir Pentagon, George Little.

Sementara itu, jubir Kemenlu AS, Mark Toner mengatakan transparansi akan mempererat hubungan militer antara AS dan Cina. Belakangan ini Cina memang kerap mempertanyakan dan mengkhawatirkan adanya rencana penambahan pasukan AS di wilayah itu pada 2012. Cina bahkan meresponsnya dengan mengadakan latihan perang di wilayah tersebut. (net)

Kategori: MANCANEGARA Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini:

One Response to "CINA SIAPKAN AL UNTUK PERANG"

  1. Listiyawati Wati berkata:

    jika terjadi konflik chinavs amerika , akan menyulut perang dunia III dan terjadi dunia hancur -penduduk dunia tinggal 10% saja &yang berjaya pasti china karena banyak penduduknya &tersebar di penjuru dunia &rakyat china ssdh terbisa dengan perang.

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Berita Terkait

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.