MTQ IV TAHUN 2012 KABUPATEN LINGGA MULAI 12 MARET 2012 Diikuti 430 Kafilah, 63 Dewan Hakim

Pukul Beduk
(Photo: pariwisatalingga)

Pukul Beduk
(Photo: pariwisatalingga)

Pancur,LP(9/3) – Dengan diikuti sebanyak 430 orang kafilah berasal dari 5 kecamatan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IV Tahun 2012 Tingkat Kabupaten Lingga, akan dimulai pada Senin (12/3) di Desa Pancur, Kecamatan Lingga Utara. Rincian kafilah beserta tim official dan penggembira dari data yang diperoleh LINGGA POS, dari Kecamatan Singkep mengirimkan kafilahnya sebanyak 80 orang, Singkep Barat 50 orang, Lingga 100 orang, Senayang 100 orang, dan Lingga Utara selaku tuan rumah 100 orang. Sementara jumlah Dewan Hakim untuk memberikan penilaian dari sekitar 9 cabang yang dilombakan, sebanyak 63 orang dari berbagai kategori. I5 orang dari Dewan Hakim tersebut dari Provinsi Kepri dan 43 orang berasal dari Kabupaten Lingga sendiri.

Adapun 9 cabang yang dilombakan tersebut adalah Tilawatil Quran anak-anak putra-putri (pa/pi), remaja pa/pi dan dewasa pa/pi, Syarhil Quran (pembacaan Quran berikut terjemahannya), Tahfiz Quran (menghapal) , Fahmil (cerdas cermat), Khatil Quran, penulisan makalah, dan rebana.

Dikatakan Kabag Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Pemkab Lingga, Jaya Atmajaria, sebelum acara pembukaan pada Senin (12/3), acara seremonial MTQ IV Tahun 2012 Kabupaten Lingga diawali dengan penerimaan/penyambutan para kafilah mulai Sabtu (10/3) dan Minggu (11/3) siang, yang dilanjukan dengan malam taaruf. Senin (12/3) diadakan pawai taaruf seluruh peserta, sorenya pelantikan dan pengambilan sumpah para Dewan Hakim dan malamnya adalah acara puncak pembukaan secara resmi MTQ IV, oleh Bupati Lingga, Daria.

Menurut Jaya, pada acara malam taaruf dan pembukaan, Pemkab Lingga telah mengundang Qori bertaraf internasional, Jaafar Hasibuan, juara I MTQ internasional 2012 yang berlangsung di Teheran, Iran, mewakili Indonesia. “Ini adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kita masyarakat Lingga, beliau berkenan hadir di acara MTQ di Desa Pancur, Kecamatan Lingga Utara,” ujarnya.

Seperti diketahui, untuk MTQ tingkat Provinsi Kepri nantinya akan berlangsung di Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan pada Mei 2012, yang konon menghabiskan dana sekitar Rp15 miliar. Sedangkan MTQ Tingkat Nasional rencananya dilangsungkan di Kota Ambon, Provinsi Maluk Utara. (arn)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.