APA ITU ANDROID ?

Android logo

Android logo

Dabo, (LP MINGGU) – Bagi warga Lingga, pasti sesekali pernah mampir ke toko ponsel dan mendapati label sebuah ponsel pintar bertuliskan ANDROID. Namun, kebanyakan tak tahu jika mendapatkan pertanyaan apakah android itu.

Ya, jawabannya adalah bahwa, Android merupakan sebuah perangkat dengan sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOs di Apple dan BlackBerry OS.

Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, tetapi beberapa vendor terkenal juga sudah memakai Android, sebut saja misalnya Samsung, Sony Ericsso, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.

Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Android dibuat dengan basis ker nel Linux yang telah dimodifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan.

Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan BlackBerry atau iPhone, meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik. Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, acceleromoters, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, WiFi, LTE & WIMAX), serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Versi Android yang beredar saat ini ialah Eclair (2.0/2.1), Froyo/Fozen Yogurt (2.2), Gingerbread (2.3), Honeycomb (3.0, 3.1, dan 3.2) yang dipakai pertama kali oleh Motorola Xoom. Lalu ada juga versi Ice Cream Sandwich (4.0).

Pada tahun 2012, sekitar 630 juta smartphone akan terjual diseluruh dunia, yang 49,2 persen diantaranya akan menggunakan OS Android. (ph,all/net)

Kategori: LINGGA Tags: ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.