DICARI, MAKANAN KHAS KEPRI

Otak-otak sebagai makanan khas kepri?

Otak-otak sebagai makanan khas kepri?

Batam, (LP) – Pemerintah Provinsi Kepri mencari makanan khas untuk ditetapkan sebagai penganan asli daerah. “Kami sudah adakan polling untuk mengetahui apa saja makanan daerah yang sudah dikenal masyarakat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti di Batam, hari ini. Dari polling diketahui ada beberapa makanan yang sudah melekat (identik, red) dengan Kepri, kata Guntur diantaranya OTAK-OTAK, GONGGONG dan SOP IKAN. “Kalau minumannya adalah TEH OBENG (teh dicampur es batu),” kata dia.

Meski sudah menemukan beberapa makanan khas Kepri dari polling, Guntur menyatakan pemerintah masih mencari jenis-jenis makanan lain. Menurutnya, penetapam makanan khas Kepri diperlukan agar pelancong sudah tahu apa yang akan dibeli sebagai oleh-oleh dari Kepri. “Sehinha wisatawan tidak bertanya lagi apa yang bisa jadi oleh-oleh,” kata dia. Kemudian, masih menurut Guntur, pemerintah akan melabel usaha kecil menengah yang mengembangkan penganan khas Kepri.

Ia mengatakan, pemerintah juga akan menjalin kerjasama dengan Asosiasi Tour dan Travel serta Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk mengembangkan UMKM penganan khas Kepri. “Jadi kalau ada wisatawan, Asita dan PHRI akan langsung mengajak ke tempat UMKM itu berada,” kata dia.

Sementara itu anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepri, Rahman Usman mengatakan, pihaknya akan membantu UMKM mempromosikan diri sebagai perusahaan penganan khas. “Kami akan bantu kemasannya, bagaimana yang dapat menarik wisatawan dan membantu UMKM terkait dalam hal manajerial perusahaan yang bersangkutan agar terus berkembang dengan pesat,” kata Rahman Usman, (ant/angelina donna)

Kategori: KEPRI Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: makanan khas kepri

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.