PEMERINTAH BUKA 60 RIBU LOWONGAN UNTU PNS REGULER 2012

Jakarta, (LINGGA POS) – Pemerintah akan membuka sebanyak 60 ribu lowongan untuk PNS reguler tahun ini. Kebutuhan itu akan mencukupi kekurangan pegawai akibat pensiun sebanyak 120 ribu orang.

Menteri PAN dan RB, Azwar Abubakar akan meningkatkan kualitas PNS yang ada saat ini karena dinilai 50 persen dari total sebanyak 2,5 juta orang yanng berkualitas. “Hanya 5 persen saja PNS diseluruh tanah air yang mempunyai kompetensi. Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya akan melakukan pendidikan dan pelatihan secara besar-besaran tentunya dengan tahapan-tahapan, guna meningkatkan kualitas SMD para PNS.

Sementara itu Wamen Dikbud, Musliar Kasim mengatakan, hingga saat ini banyak sarjana di Indonesia menginginkan menjadi PNS. “Sebelum ada formasi penerimaan CPNS, mereka rela menganggur dan tidak ada ide menciptakan lapangan kerja,” kata Kasim di Bengkulu, Sabtu (21/4).

Sebagian sarjana dewasa ini, khususnya di Pulau Jawa menganggap baru dikatakan bekerja bila ditempatkan sebagai PNS, sehingga ada sekitar 14,7 persen sarjana di Indonesia masih menganggur karena hanya bekerja menjadi PNS. “Sarjana berjiwa interpreneur (wira usaha) di Indonesia saat ini hanya berkisar 0,18 persen saja.

Berkenaan dengan penerimaan lowongan PNS tahun ini, Azwar mengatakan, pemerintah menjamin proses penerimaan PNS reguler 2012 akan lebih baik. “Kami akan melibatkan perguruan tinggi dengan pengawalan hasil pelaksanaan oleh polisi. Kami jamin pelaksanaannyaakan lebih baik dari sebelumnya,” ujar Azwas, pada saat pertemuan dengan BPK yang melibatkan para Bupati seluruh Bali di Den Pasar, Jumat (20/4). (ant,l6)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini: pns reguler

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.