DINKES LINGGA GELAR SOSIALISASI PROGRAM ANTISIPASI KEMATIAN IBU HAMIL

Dabo, (LINGGA POS) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Lingga, Senin (23/4) gelar sosialisasi Program Antisipasi Kematian Ibu Hamil di gedung Sapta Pesona, Kelurahan Dabo. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yan berasal dari Kecamatan Singkep dan Kecamatan Singkep Barat. Adapun nara sumber disamping dari pihak Dinkes Lingga sendiri juga diberikan oleh Dinas Kesehatan Pemprov Kepri, Tanjungpinang.

Kepala Dinkes Lingga, Dr Ignatius Luti mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah dengan maksud memberikan penyuluhan kepada ibu hamil, baik dari saat persiapan sampai saat melahirkan. “Penyuluhan ini dilakukan untuk mengatasi angka kematian ibu melahirkan. Seperti diketahui, pada bulan Januari-April 2012 ini tercatat ada dua orang ibu meninggal dunia. Berkurang dari tahun lalu dimana tercatat ada enam orang ibu hamil meninggal,” ungkap Luti, pehobi tenis meja dan telah menjabat Kepala Dinkes Lingga sejak awal Kabupaten Lingga berdiri.

Pihaknya, kata Luti terus berupaya mengatasi persoalan tersebut dan dengan adanya penyuluhan ini setidaknya dapat memberikan masukan dan kesadaran kepada ibu hamil pentingnya menjaga kondisi kesehatan, dan tak kalah pentingnya dengan melakukan persiapan pra persalinan termasuk persiapan tranportasi, dan atau berkenaan dengan biaya persalinan bagi keluarga yang kurang mampu dapat dilakukan melalui program Jampersal atau Jamkesmas. “Hendaknya jika ada ditemukan keganjilan saat hamil, sebaiknyasegera melakukan pemeriksaan dini,” tambahnya.

Senada dikatakan Kabid Kesejahteraan Keluarga dan Gizi, Dinkes Lingga Mas’ah, yang juga selaku Ketua Pelaksana kegiatan, agar para ibu hamil dapat secara rutin memeriksakan kesehatannya ke bidan, Polindes atau ke Puskesmas terdekat. Dan membawa serta surat kelengkapan jati diri. “Sehingga dapat segera ditangani dengan lebih baik, utamanya bagi ibu hamil yang tentu memerlukan penanganan yang lebih intensif dan seksama demi kesehatan ibu itu sendiri maupun bayinya,” kata Mas’ah. (arn,btd)

Kategori: LINGGA Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.