PEMKAB LINGGA PERINGATI HARI OTDA DAN HUT LINMAS

Daik, (LINGGA POS) – Memperingati Hari Otonomi Daerah (OTDA) yang disejalankan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Lingga, berlangsung hidmat, Rabu kemarin di halaman Kantor Bupati Lingga, di Daik Lingga. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah SKDP, para pimpinan daerah, perwakilan Linmas se Kabupaten Lingga dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Linga, Daria mengatakan, OTDA adalah merupakan ujung tombak pembangunan dalam memajukan kesejahteran daerah yang bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan dan memberikan peluang kepada masing-masing daerah untuk berinovasi dalam ikut membantu pemerintah pusat untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.

“Pemerintah daerah (pemda) hanya menyelenggarakan sebagian kekuasaan pemerintahan yang menjadi domain kewenangan presiden. Implementasi kebijakan demokrasi sesuai pasal 18 UUM 1945 yang sudah diamandemen.

Daria menguraikan 3 hal yang menjadi harapan desentralisasi tersebut yang mencakup nilai-nilai kemandirian, kreativitas dan inovasi bagi OTDA untuk mengembangkan potensi daerah (SDM dan SDA) yang tersedia. Tumbuhnya kepercayaan dan toleransi antara pemerintah pusat dan daerah, serta solidaritas dari masyarakat. Kesemuanya itu pada akhirnya berkolerasi positif dalam peningkatan pembangunan dan kualitas demokrasi.

“Pemerintah daerah tak bisa berjalan sendiri tanpa adanya rasa kebersamaan dan pjartisipasi aktif dari masyarakat, termasuk dunia usaha untuk mewujudkan pembangunan daerah,” kata Daria.

Ditambahkannya, integritas maupun profesionalitas para pemimpin, dalam hal menciptakan lingkungan yang kondusif, seperti politik dan keamanan dan ketertiban antara daerah dan pusat. Linmas Lingga. Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lingga Togi S. Mengatakan saat saat ini anggota Linmas sebanyak 632 orang yang tersebar di lima kecamatan yang ada di Lingga. Memasuki usia setengah abad disebutkannya Linmas telah telah memberikan andilnya yang tidak sedikit dalam ikut serta membantu Pemkab Lingga sesuai tugas dan fungsinya seperti dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyaraka (kamtibmas), penanggulangan bencana, membantu penyelenggaraan pemilu, pilkada dan keteraturan masyarakat umumnya.

“Mereka (Linmas,red) saat ini berada di bawah naungan Satpol PP Lingga. Sebelumnya dalam pembinaan pihak Kesbangpol. Banyak konstribusi yang telah mereka berikan untuk kita (Pemkab) selama ini,” ujar Togi.

Dikatakan Togi, sempena dengan HUT Linmas ke 50 tahun, pihaknya sebelumnya telah mengajukan kenaikan uang insetif ke Dewan untuk kesejahteraan para anggota Linmas. Jika sebelumnya mereka menerima sebesar Rp200 ribu per orang setiap bulannya, maka tahun ini insentif tersebut menjadi Rp250 ribu per orang. (syk)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.