ANTISIPASI PEMADADAN BERGILIR, PLN DABO TAMBAH 5 MESIN BARU

Dabo, (LINGGA POS) – PLN Ranting Dabo akan menambah sebanyak lima mesin baru yang dimaksudkan untuk mengatasi terjadinya pemadaman listri bergilir yang kerap terjadi akhir-akhir ini di kota Dabo dan sekitarnya. Direncanakan, sebelum bulan Ramadhan, kelima mesin pembangkit tersebut sudah bisa dioperasionalkan, sehingga kebutuhan listrik masyarakat dapat terpenuhi.

“Saat ini beban puncak di kota Dabo dan sekitarnya mencapai 3,1 Megawat. Mesin yang tersedia selama ini terkadang tak mampu memenuhinya, sehingga harus dilakukan pemadaman bergilir,” kata Kepala PLN Ranting Dabo, M Hosen, Senin (4/6). Dikatakannya, satu mesin baru dari sejumlah lima mesin yang akan dipasok dari Tanjungpinang tersebut berdaya 685 kilowat. Namun nantinya hanya sekitar 600 kilowat saja yang bisa disalurkan. Jika ditambah satu mesin lama yang ada, maka beban puncak akan menjadi sebesar 3,1 Megawat dapat terpenuhi.

“Lima mesin dikali enamratus kilowat sudah tiga Megawat ditambah satu mesin lama yang membantu, maka beban puncak dapat diatasi,” jelasnya. Ia juga menyebutkan, nantinya setelah mesin baru tersebut beroperasi, tiga mesin lama akan dialihkan ke pulau-pulau yang menjadi area PLN Ranting Dabo seperti ke Desa Pancur dan beberapa desa lainnya yang masih kekurangan pasokan listriknya.

Kata Hosen, teknisi mesin yang didatangkan dari pihak agen Caterpillar akan didatangkan juga guna melakukan setting awal. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Setajam, Dabo, saat ini tengah mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan antara lain untuk kedudukan mesinnya di PLTD tersebut. “Sambil menunggu panel-panel mesin dari Tanjungpinang,” imbuhnya. (arn,hk)

Kategori: LINGGA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.