KEPRI TUAN RUMAH PPSN 2012 (2 – 8 JULI 2012)

Tanjungpinang, (LINGGA POS) – Diperkirakan diikuti oleh sekitar 6.000 orang peserta Pramuka dari seluruhnya 33 provinsi di tanah air, Provinsi Kepri dipercaya sebagai tuan rumah pada kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) yang akan berlangsung pada 2 – 8 Juli depan. Kegiatan nasional itu akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana, Batam. Pada kegiatan yang sama juga akan dilakukan pemecahan rekor MURI untuk Kirap Gurindam 12, dengan tulisan terpanjang yang akan dibawa oleh sekitar 4.416 orang Santri dalam acara defile peserta tersebut.

Rapat persiapan PPSN tersebut telah dilakukan Selasa (6/6) yang dipimpin langsung oleh Sekdaprov Kepri, Suhajar Diantoro bersama Kandepagprov Kepri, Kemenag Kepri sebagai panittia pusat, dan instansi terkait lainnya.

Mendorong dan Memacu Lembaga Pendidikan Islam.
Direncanakan para peserta akan tiba di Kepri mulai 29/6 – 1/7-2012. Sementara kegiatan acara akan dibuka langsung oleh Menteri Agama Suryadharma Ali. “Kegiatan PPSN ini adalah sebagai upaya Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, untuk mendorong dan memacu lembaga pendidikan Islam, khususnya Pondok-pondok Pesantren dalan merevitalisasikan gerakan Pramuka,” kata Dirjen Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, HA Saifuddin. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu kegiatan para Santri terutama dalam usaha membangun minat terhadap Gerakan Pramuka dan upaya meningkatkan etos kerja yang tinggi, kesederhanaan dan kekhasan di kalangan Santri dan Mahasiswa.

Keterlibatan mereka pada moment perkemahan pramuka ini juga bertujuan untuk merefleksikan, Pondok Pesantren bukan hanya memainkan tugas dan fungsi tradisionalnya saja (transmisi, transformasi ilmu-ilmu keislaman, pemeliharaan tradisi Muslim) dan reproduksi intelektual-ulama saja, tetapi adalah sebagai usaha penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup dan juga sebagai pusat pemberdayaan ekonomi.

Senada dikatakan Kanwil Depag Kepri, Hendarlin Umar, kegiatan PPSN ini merupakan hajat Kemenag yang secara langsung juga menjadi tanggungjawab besar bagi Kanwil Depag Kepri. (rasn,hk)

Kategori: KEPRI Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2019. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.