UJI KOMPETENSI GURU AKAN DIGELAR RUTIN

Jakarta, (LINGGA POS) – Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) sebagai bagian dari pemetaan kompetensi dan sebagai dasar kegiatan pengembangan ke profesionalan berkelanjutan akan dilakukan terus menerus. Pada 2012, sebanyak 1.020.000 guru bersertifikat tercatat sebagai peserta ujian tersebut.

Mendikbud M. Nuh menjelaskan, ada hampir sejuta guru dari 448 kabupaten/kota yang akan mengikuti UKG secara online, sedangkan sisanya berasal dari 44 kabupaten/kota akan mengikuti ujian yang sama secara manual.

“Pelaksanaan UKG tahun ini diperuntukkan bagi semua guru, kepala sekolah dan pengawas yang telah bersertifikat pendidik. Dan tahun depan guru-guru lainnya juga akan diujikan,” kata Nuh, saat melakukan sidak pada pelaksanaan UKG SMP, di SMP 19 Jakarta Selatan, Senin (30/7).

Seperti diketahui, hari ini merupakan hari pertama dimulainya UKG SMP hingga 12 Agustus mendatang, para guru akan silih berganti mengikuti ujian baik secara online, maupun ujian manual untuk guru di daerah tertentu.

Dalam uji kompetensi ini disajikan 186 jenis soal untuk guru TK-SD, guru mata pelajaran SMP-SMA/SMK, kepala sekolah dan pengawas. Masing-masing soal terdiri dari tiga seri yang di acak nomor soalnya. Adapun tempat yang digunakan untuk UKG tahun ini sebanyak 3.658 lokasi dengan jumlah komputer mencapai 72.820 buah. (kc)

Kategori: NASIONAL Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.