56 JCH LINGGA PADA MUSIM HAJI 1433 H/2012 M

Daik, (LINGGA POS) – Pada musim haji 1433 H/ 2012 M ini, Kabupaten Lingga akan memberangkatkan sebanyak 56 orang Jamaah Calon Haji (JCH) berasal dari lima kecamatan, ke tanah suci Mekah. Para JCH sebelumnya telah mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara kontinyu baik dari Pemkab Lingga, KUA maupun oleh Kementerian Agama (Kemenag) di Lingga.

Kepala Kementerian Agama Hasyim Yusuf mengatakan, para JCH asal Lingga tersebut direncanakan akan diberangkatkan ke Batam (Embarkasi Batam) pada 19 atau 21 September depan. Namun jadwal pastinya masih menunggu hasil rapat pihaknya dengan instansi terkait. Sementara proses kegiatan bagi para JCH seperti manasik haji untuk kesiapan dan bimbingannya seperti kesehatan mental tetap berjalan seperti biasa.

Harapan kita para JCH bisa menjadi jamaah mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Serta dapat saling berkoordinasi sesama anggota kloter (kelompok terbang)nya,” ujar Hasyim. Kata Hasyim, kemungkinan para JCH akan diberangkatkan dengan kapal laut menuju Batam. Ini mengingat jumlah seat (tempat duduk) jika dengan pesawat udara Sky Aviation hanya tersedia sebanyak 48 seat saja.

“Tapi kita lihat nanti bagaimana baiknya,” tambah Hasyim. Pada musim haji tahun ini diketahui ada JCH dari Lingga berusia 76 tahun, yakni Jon Suparto, mantan Lurah Dabo tahun 70-an yang berkesempatan naik haji bersama isteri. Sementara ada yang berusia muda (18 tahun) asal Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat.

Dijelaskan Hasyim, bahwa waiting list (daftar tunggu) untuk kuota JCH Lingga yang sudah mendaftar pada 2012 saja, harus menunggu hingga tahun 2020. (syk,hk)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.