GESA BANGUN PELABUHAN BERHALA

Dabo, (LINGGA POS) – Pembangunan pelabuhan Pulau Berhala, Kecamatan Singkep diharapkan direalisasikan pada 2013 mendatang. Detail Eingeenering Design (DED) sudah dibuat Pemkab Linha pada 2011 dengan pagu dana diusulkan Rp3,5 miliar. – Pelabuhan yang ada saat ini sudah rusak parah dan tak layak lagi dipakai. Dermaga Berhala dibangun Pemprov Kepri 2006 dan sejak itu tidak ada lagi perbaikan menyeluruh, dan kayu-kayu di pelabuhan sudah banyak yang rubuh atau hancur. Hanya saat kegiatan Lingga Fishing Festival yang ditaja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lingga, beberapa waktu lalu, pelabuhan tersebut diperbaiki itupun hanya menambal kayu-kayu bolong sehingga bisa dilewati.

Kepala Bappeda Lingga, M. Ishak mengatakan rencana pembangunan yang mendesak dan perlu digesa adalah pelabuhan. Dan sebelumnya telah secara bersama dibahas rencana pembangunan terpadu dengan Bappeda Pemprov Kepri. “DED sudah disiapkan Dinas Perhubungan dan Kominfo Lingga dengan anggaran yang diusulkan Rp3,5 miliar,” kata Ishak kemarin. Kata Ishak, selain pelabuhan juga perlu pembangunan jalan, air bersih, penerangan (listrik) dan sarana panggung terbuka. Pemkab Lingga juga perlu menyusun kajian pengembangan pariwisata di Pulau Berhala.

Sementara, Pemprov Kepri mengkaji potensi sumber daya mineral di sana. “Adanya kajian ini penting dalam kebijakan perencanaan pengembangan Pulau Berhala secara terpadu,” ujarnya. Kepala Desa Berhala E. Syarif mengatakan, Pemprov Kepri dan Pemkab Lingga harus memenuhi janjinya memperbaiki infrastruktur di Pulau Berhala. Perjuangan mempertahankan Berhala di jalur hukum, tak ada artinya jika pembangunannya diabaikan. “Banyak infrastruktur yang harus dibenahi. Untuk sampai di pulau ini saja kami sulit, karena pelabuhannya sudah rusak. Kami minta Pemprov Kepri membangun lagi pelabuhan yang layak,” kata Syarif. (bp

Kategori: KEPRI, KOLOM, NASIONAL Tags: ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.