SATU MILIAR MANULA DALAM 10 TAHUN


 Dabo, (LINGGA POS) – Dalam masa 10 tahun, jumlah orang berusia di atas 60 tahun melebihi satu miliar jiwa. Dalam laporan Dana Kependudukan PBB disebutkan dunia harus bersiap untuk menghadapi peningkatan populasi orang lanjut usia (manula), khususnya di negara-negara berkembang. Perubahan demografi ini akan menjadi pertanyaan besar untuk sistem kesejahteran, pensiun dan juga kesehatan. Badan dunia ini juga mengatakan banyak yang perlu dilakukan untuk menangani sikap “mengabaikan dan juga kekerasan terhadap orang lanjut usia.”

Jumlah manula meningkat pesat di dunia dibandingkan dengan jumlah usia lain. Laporan berjudul “Usia Tua di Abad 21 : Perayaan dan Tantangan” memperkirakan satu dari sembilan orang di seluruh dunia berusia di atas 60 tahun. Jumlah manula diperkirakan akan membengkak menjadi 2 (dua) miliar, pada 2050. – Peningkatan proporsional jumlah manula ini juga merupakan konsekuensi keberhasilan termasuk membaiknya nutrisi, sanitasi, fasilitas kesehatan, kependudukan dan kesejahteraan. Namun PBB dan Yayasan HelpAge, yang ikut menyusun laporan itu menyebutkan, sistem untuk menangani penduduk usia tua tidak ditangani secara baik.

“Dibanyak negara berkembang dengan populasi besar penduduk muda, banyak negara tidak memiliki kebijakan untuk membantu penduduk tua atau mempersiapkan kebijakan untuk 2050,” tulis laporan itu, dan menyebutkan, contoh India sebagai negara yang perlu mengambil langkah segera.

Hampir 2/3 penduduk India berusia di bawah 30 tahun.Namun jangan lupa, India memiliki 100 juta penduduk tua dan angka itu akan meningkat tiga kali lipat pada 2050. Pada umumnya, penduduk India tua tinggal bersama keluarga besar dan dirawat dengan baik. Namun, kecenderungan itu semakin berkurang dan banyak orang manula di negara itu yang semakin tidak diperhatikan, demikian dikatakan wartawan BBC, Samjoy Majumder, di Delhi, India. (bbc,tn)

Kategori: ENTERTAIN, IPTEK, KOLOM, MANCANEGARA, NASIONAL Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.