NANTI MALAM HUJAN “METEOR DRACONIDS” MENGGUYUR BUMI

Dabo, (LINGGA POS) – Badan LAPAN memprediksi jika nanti malam (Selasa, 9/10) langit akan dihiasi oleh pemandangan hujan meteor Draconids. Spesialnya lagi bagi Anda pecinta astronomi, karena nanti malam adalah puncak dari fenomena hujan meteor ini.

Profesor Riset Astronomi Astrofisika LAPAN, Thomas Djamaluddin menyatakan, jika cuaca cerah fenomena hujan “meteor Draconids” dapat disaksikan nanti malam pukul 19.00-22.00 WIB di arah langit sebelah utara langsung barat daya. “Setelah magrib ada di utara, lalu menjelang pukul 22.00 WIB di arah barat daya,” terang Djamaluddin. – Djamaluddin memperkirakan jumlah meteor yang akan jatuh lebih sedikit ketimbang tahun lalu dimana saat puncak itu ada 600 meteor yang tercipta. “Pada 2012 ini belum tentu sebanyak itu karena sifat dari sebaran debu kometnya masih padat sehingga hanya meteor besar sekali,” jelas alumnus Universitas Kyoto, Jepang ini seperti dilansir dari detik.com Senin (8/10).

Menurutnya, hujan meteor Draconids termasuk hujan meteor yang tidak bisa diperkirakan jumlahnya. Sebenarnya pada Februari 2012 lalu, komet Giacobini-Zinner mendekat ke matahari. Setelah Februari itu, sisa debu sudah menipis sehingga meteor yang dihasilkan saat meteor shower tidak terlalu banyak. – Meteor Draconids lahir dari arah peta bintang Draco, karena itu diberi nama Draconids. Karena berasal dari sisa debu Giacobini-Zinner, meteor ini juga dikenal sebagai Giacobinids.

Di bulan Oktober ini, sebelum hujan meteor Draconids, juga terjadi hujan meteor Orinids, yang diperkirakan berlangsung pada tanggal 21 Oktober yang menjadi puncak fenomena langit. Hujan meteor ini terjadi akibat sisa debu yang cukup kuat. (rha,infospesial.net)

Kategori: ENTERTAIN, IPTEK, NASIONAL Tags: ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.